JAKARTA. Tarif KRL Jabodetabek diperkirakan akan naik pada Oktober 2014. Namun besaran kenaikan belum dapat dipastikan, masih menunggu perhitungan kucuran obligasi layanan publik dari pemerintah.“Penambahan tarifnya nanti pada Oktober 2014. Tapi (besaran kenaikannya) tergantung PSO (public service obligation) dari pemerintah, mau ngasihnya berapa,” kata Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo di kantornya, Jakarta, Senin (4/11/2013). Setelah menghitung PSO yang didapat, proporsi harga yang harus dibayar masyarakat baru dapat dihitung."Kalau (misalnya) nanti kami naikkan (tarif) dari yang Rp 9.000 (untuk rute Jakarta-Bogor) menjadi Rp 20.000, tapi pemerintah kasih PSO Rp 12.000, kan tarifnya malah jadi Rp 8.000,” imbuh Tri. Dia belum dapat memastikan kapan pengambilan keputusan soal PSO.Dalam kesempatan itu Tri mengatakan margin keuntungan yang didapat KCJ saat ini juga masih minim. "Sekitar 5 sampai 8 persen," sebut dia. Itu pun, lanjut Tri, masih ada kebutuhan swadaya untuk menambah gerbong kereta sekalipun dengan membeli bekas dari Jepang. Sepanjang 2013, KCJ mendatangkan 180 gerbong bekas dari Jepang.“Investasi untuk mendatangkan kereta ini kami pinjam bank dengan bunga komersial 8 sampai 10 persen," sebut Tri. Dengan semua angka-angka tersebut, Tri memperkirakan balik modal alias break event point (BEP) KCJ akan didapat 10 tahun dari sekarang.(Estu Suryowati/Kompas.com)Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Oktober 2014, tarif kereta komuter diramal naik
JAKARTA. Tarif KRL Jabodetabek diperkirakan akan naik pada Oktober 2014. Namun besaran kenaikan belum dapat dipastikan, masih menunggu perhitungan kucuran obligasi layanan publik dari pemerintah.“Penambahan tarifnya nanti pada Oktober 2014. Tapi (besaran kenaikannya) tergantung PSO (public service obligation) dari pemerintah, mau ngasihnya berapa,” kata Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek Tri Handoyo di kantornya, Jakarta, Senin (4/11/2013). Setelah menghitung PSO yang didapat, proporsi harga yang harus dibayar masyarakat baru dapat dihitung."Kalau (misalnya) nanti kami naikkan (tarif) dari yang Rp 9.000 (untuk rute Jakarta-Bogor) menjadi Rp 20.000, tapi pemerintah kasih PSO Rp 12.000, kan tarifnya malah jadi Rp 8.000,” imbuh Tri. Dia belum dapat memastikan kapan pengambilan keputusan soal PSO.Dalam kesempatan itu Tri mengatakan margin keuntungan yang didapat KCJ saat ini juga masih minim. "Sekitar 5 sampai 8 persen," sebut dia. Itu pun, lanjut Tri, masih ada kebutuhan swadaya untuk menambah gerbong kereta sekalipun dengan membeli bekas dari Jepang. Sepanjang 2013, KCJ mendatangkan 180 gerbong bekas dari Jepang.“Investasi untuk mendatangkan kereta ini kami pinjam bank dengan bunga komersial 8 sampai 10 persen," sebut Tri. Dengan semua angka-angka tersebut, Tri memperkirakan balik modal alias break event point (BEP) KCJ akan didapat 10 tahun dari sekarang.(Estu Suryowati/Kompas.com)Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News