Operasi beras di Cipinang, Bulog temukan beras medium seharga Rp 12.000/kg



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bulog pagi ini, Kamis (8/11) lakukan operasi pasar di Pasar Kramat Jati dan Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC). Operasi pasar dilakukan dilakukan sebagai upaya memonitor stabilisasi pasokan dan harga beras di pasar umum. Selain itu, harga beras medium dinilai terus menanjak mencapai lebih dari Rp 9.000 per kg untuk wilayah DKI Jakarta.

“Ya harga beras mulai naik sejak beberapa minggu lalu,” kata Wita seorang pedagang beras di PIBC, Kamis (8/11).

Berdasarkan Permendag nomor 57/M-DAG/PER/8/2017, Harga Eceran Tertinggi (HET) di Wilayah I: Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, NTB, Sulawesi, dan Bali harga af gudang curah Rp 8.100/Kg dengan HET Rp 9.450/Kg.

Sedangkan Wilayah II: Sumatera kecuali Lampung dan Sumatera Selatan, NTT, dan Kalimantan, harga af gudang curah Rp. 8.600/Kg dengan HET Rp 9.950/Kg, dan Wilayah III: Maluku dan Papua, harga af gudang curah Rp 8.900/Kg dengan HET Rp 10.250/Kg.

Operasi pasar ini dilakukan oleh Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, didampingi oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Kepala Satgas Pangan Setyo Wasisto dan Dirut Food Station Arief Prasetyo.

Pelaksanaan penetrasi pasar beras medium dilakukan oleh Bulog kepada pedagang pengecer di pasar rakyat, distributor/mitra Bulog maupun melalui Satgas Bulog.

Selain itu, sinergi BUMN juga dilakukan dengan melibatkan BUMN pangan dalam kegiatan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH), yaitu PT Pertani, PT Pupuk Indonesia Holding Company (Persero), PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) dan PT Perusahaan Perdagangan Internasional/PPI (Persero).

“Peninjauan lapangan ini kami lakukan sebagai tindak lanjut gerakan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH). Realisasi KPSH sampai dengan tanggal 6 November 2018 sebesar 402.628 ton, dengan rata-rata realisasi antara 3.000 – 3.500 ton per hari, dan mengalami trend kenaikan sejak bulan Oktober 2018. Di Jakarta, realisasi KPSH sebesar 46.321 ton,” kata Budi Waseso.

Pantauan harga beras di berbagai daerah yang dilakukan oleh BULOG setiap minggu menunjukkan, harga beras medium di beberapa daerah mengalami tren kenaikan, termasuk di PIBC. Pada akhir tahun harga beras memiliki tren kenaikan seiring dengan berkurangnya panen dan pasokan ke pasar.

Harga beras di toko beras PIBC berada di kisaran Rp 9.300 per kg hingga Rp 12.200 per kg untuk beras medium.

Untuk beras premium harga berkisar di angka Rp 12.000 per kg hingga 13.000 per kg.

Strategi yang dilakukan Bulog dalam gerakan KPSH adalah dengan memetakan preferensi konsumen terhadap beras di berbagai daerah, koordinasi intensif dengan Pemerintah Daerah, memperluas jaringan dan titik operasi pasar, serta menggandeng Satgas Pangan POLRI untuk melakukan pengawasan dan meminimalisir penyimpangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia