Operasional RS Hermina Depok Kembali Normal Pasca Kebakaran



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Operasional Rumah Sakit (RS) Hermina Depok, Jawa Barat, sudah kembali normal pasca kebakaran yang melanda RS itu pada Sabtu (22/7/2023) malam. Pasien yang sempat dievakuasi kini sudah dikembalikan ke ruangannya masing-masing.  

Adapun insiden kebakaran itu diduga berasal dari dapur RS yang terletak di lantai 5. "Ada kejadian jam 22.00 WIB di area pantry, itu muncul api," ujar Direktur RS Hermina Depok, dr Lies Nugrohowati saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (23/7/2023). 

"Itu percikan api karena masak kan ada minyak panas, jadi mengundang api dari kompor. Karena kami memang 24 jam, koki memasak melayani pasien, dokter, pengunjung, kan," sambungnya. 


Baca Juga: Banyak Rumah Sakit Masih Andalkan Galon Guna Ulang

Beruntung, kata Lies, saluran gas di RS Hermina Depok terpisah dengan saluran lainnya, sehingga api bisa langsung dipadamkan. 

"Gasnya juga bisa langsung dipadamkan oleh petugas kami, karena untuk RS Hermina Depok itu kami (saluran) gasnya tersendiri jadi langsung bisa dipadamkan, dan bisa langsung diaktifkan untuk kode merah," terang dia. 

Pasien dievakuasi ke luar gedung Pantauan Kompas.com di RS Hermina pada Sabtu malam, kobaran api mulanya terlihat di bagian atas gedung rumah sakit. Sejumlah tenaga medis langsung berlarian mengevakuasi sejumlah pasien ke luar gedung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fakta Kebakaran RS Hermina Depok: Api Berasal dari Dapur, Pasien Sempat Dievakuasi",  Penulis : Wasti Samaria Simangunsong Editor : Ihsanuddin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli