Operator Hotel Paris Potong Harga, Upaya Terakhir Menarik Wisatawan Olimpiade



KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Dengan Olimpiade yang sedang berlangsung di Paris, operator hotel melakukan dorongan terakhir untuk menarik wisatawan yang datang pada menit-menit terakhir.

Menurunkan harga dan menghapus persyaratan masa inap minimum setelah beberapa orang menolak karena melihat adanya harga yang terlalu tinggi sebelum pesta olah raga seluruh dunia tersebut.

Baca Juga: Ini Deretan Miliarder Dunia yang Terlihat di Perhelatan Olimpiade Paris 2024


Kantor Pariwisata Paris mengatakan pada hari Senin (29/7) bahwa rata-rata harga hotel selama Olimpiade turun menjadi 258 euro per malam - turun dari 342 euro di awal musim panas, yang pada saat itu mewakili kenaikan 70% dari harga rata-rata 202 euro pada Juli 2023.

Agen perjalanan mengatakan bahwa orang mungkin akan menemukan diskon mulai dari 10% hingga 70%.

Operator hotel memberikan penawaran setelah permintaan untuk Olimpiade tidak memenuhi harapan karena harga yang tinggi dan kekhawatiran keamanan.

"Industri perhotelan di Prancis dan di seluruh dunia jelas telah mendapatkan pelajaran terhadap praktik harga yang terlalu tinggi ketika mencari untung memanfaatkan acara besar," kata Tim Hentschel, CEO Hotel Planner, sebuah situs pemesanan perjalanan yang mendukung reservasi untuk 1,4 juta properti secara global.

Baca Juga: Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024 Sementara: Jepang Masih Kokoh di Puncak

Hotel Planner mengatakan bahwa mereka melihat penurunan hingga 66% dalam rata-rata harga hotel untuk hotel bintang empat di Paris hingga awal Agustus.

Pada bulan Juli, operator hotel berbasis di Prancis, Accor, merevisi perkiraan keuntungan dari Olimpiade, setelah sebelumnya memperkirakan peningkatan 2% dalam pendapatan per kamar yang tersedia di Prancis selama Olimpiade.

"Itu tidak lagi terjadi," kata CEO Accor, Sebastien Bazin.

Namun, ia mengatakan bahwa tingkat hunian dan harga tetap lebih baik dibandingkan tingkat hunian 80% di hotel-hotel Accor lainnya.

Beberapa hotel telah menghapus pembatasan, termasuk tanggal kedatangan dan persyaratan lama menginap, untuk menarik wisatawan pada menit-menit terakhir, menurut agen perjalanan.

Baca Juga: Penonton Pembukaan Olimpade Paris Terbanyak Sejak Tahun 2012

"Aturannya sudah dihapus tetapi harganya tidak begitu banyak," kata Neil Kurman, agen perjalanan Protravel International, sebuah agen perjalanan mewah.

Hotel bintang lima seperti Le Royal Monceau Raffles masih mengenakan biaya hampir 3.000 euro per malam selama Olimpiade.

Accor mungkin melihat peningkatan 0,5% dalam pendapatan kamar jika wisatawan berbondong-bondong ke kota tersebut dalam beberapa bulan setelah Olimpiade, kata Bazin dari Accor, tetapi prospek perusahaan tetap konservatif.

Editor: Yudho Winarto