Opsi Ide Warna Pintu Rumah, Samakan dengan Warna Cat Dinding!



MOMSMONEY.ID - Untuk rumah yang mengikuti tren terbaru, Anda bisa simak opsi ide warna pintu rumah yang satu ini. Samakan dengan warna cat dinding di rumah ya Moms!

Selama bertahun-tahun kita terbiasa menggunakan warna pintu netral seperti coklat atau putih. Kemudian dipadukan dengan warna cat dinding yang beragam. 

Baca Juga: 2 Resep Brownies Kukus Chocolatos Tanpa Mixer, Mudah Dibuat Anak Kos


Melansir Better Homes and Gardens, untungnya saat ini ada tren terbaru untuk warna pintu rumah yang bisa disamakann dengan warna cat dinding. Misalkan Anda memiliki rumah cat hijau sage, maka cat seluruh pintu termasuk gawangan pintu dengan warna hijau sage. 

Lalu apakah tren ini benar-benar bisa digunakan? Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaplikasi warna pintu rumah yang sama dengan cat dinding?

Apabila tren sebelumnya kita harus memikirkan skema warna yang seimbang, berbeda dengan tren terbaru ini. Anda hanya menggunakan satu warna untuk seluruhnya. Desain yang berani ini menyoroti aksen arsitektur sekaligus memberi kita kebebasan untuk bereksperimen dengan lebih banyak warna dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Gravel Ungkap Rahasia Rumah Tahan Gempa, Apa Saja?

Bagaimana cara menerapkan warna pintu rumah sama dengan cat dinding?

Untuk warna pintu rumah yang sama dengan cat dinding, Anda harus memastikan tampilan akhirnya tetap mulus. Pastikan pintu Anda sudah dipersiapkan dengan baik. 

Anda bisa cat kedua sisi pintu

Untuk hasil yang terbaik adalah mengecat kedua sisi pintu, termasuk tepinya untuk mempertahankan hasil yang mulus. Namun dengan catatan tembok kedua ruangan memiliki warna cat yang sama. 

Namun semua tergantung pada tata letak dan desain rumah Anda. Jika memang dua ruangan yang bersebelahan memiliki warna yang berbeda, maka buat warna pintu sesuai dengan warna cat dinding ruangan. Sehingga ini berarti Anda akan memiliki dua cat yang berbeda untuk kedua sisi pintu. 

Cat tepi dan gawangan pintu

Untuk aturan warna pintu yang sama dengan cat dinding. cat juga ujung pintu dan gawangannya. Ini akan memberikan tampilan yang lebih mulus dan anggun.

Gunakan jenis cat yang tepat

Untuk membuat tampilan warna pintu yang sama dengan cat dinding lebih cantik, maka perhatikan pilihan jenis cat. Yap, setiap jenis cat akan memberikan hasil akhir yang berbeda. 

Anda bisa menggunakan cat satin untuk tampilan yang mulus bebas gumpalan, benkolan dan tekstur. Anda bisa menggunakan warna yang sama untuk warna pintu dengan cat dinding, tetapi gunakan finishing semi-mate untuk pintu supaya lebih elegan.

Anda juga bisa menggunakan warna pintu yang sama dengan cat dinding, namun gunakan finishing semi-gloss atau gloss untuk pintu Anda. Kemudian gunakan cat satin untuk dinding Anda.

Itu tadi ide menggunakan warna pintu yang disamakan dengan cat dinding. Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms!

Selanjutnya: MIND ID Percepat Realisasi Proyek Strategis untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta