Oriflame Gandeng SIRCLO Sebagai Mitra Strategis Penjualan Online dari Hulu ke Hilir



KONTAN.CO.ID - Oriflame Cosmetics Indonesia resmi luncurkan lini produk terbaru, yaitu Waunt by Oriflame, sebuah vegan hybrid skincare yang diformulasikan untuk semua jenis kulit dan dapat terurai secara hayati. Guna menjangkau konsumen dan mendongkrak visibilitas secara online, Waunt by Oriflame mempercayakan SIRCLO, penyedia omnichannel commerce enabler terdepan di Indonesia, sebagai mitra strategis untuk memastikan seluruh proses penjualan melalui kanal online terpenuhi dari hulu ke hilir, mulai dari kustomisasi situs website, pemenuhan pesanan, pembuatan konten pemasaran, hingga penjualan di berbagai kanal marketplace. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berbelanja yang optimal bagi seluruh lapisan konsumen yang dituju.

Hadir lebih dari 55 tahun di dunia, brand kecantikan asal Swedia ini telah menjadi pionir dalam  melahirkan berbagai inovasi, seperti mengombinasikan alam dan ilmu pengetahuan dalam setiap produk, tidak menguji produk kepada hewan sejak awal mula berdiri, dan metode penjualan serta pemasaran yang khas. Salah satu terobosan Oriflame yang berdampak nyata pada eksistensinya selama puluhan tahun adalah menciptakan komunitas yang erat bagi mitra brand partners (atau dikenal dengan istilah distributor) untuk dapat bertumbuh bersama. Para mitra brand partners Oriflame menggunakan metode penjualan secara fisik dan langsung kepada konsumen, di mana mereka dapat bertransaksi secara langsung dengan para pelanggan. Hadirnya mitra tersebut turut memberikan kesempatan bagi Oriflame untuk memiliki titik distribusi yang luas guna mempermudah akses bagi konsumen.

Disinyalir pesatnya perkembangan ekosistem digital di Indonesia, Oriflame melihat peluang untuk melakukan transformasi digital, terutama dalam melakukan penjualan produknya kepada brand partners terpilih melalui website dan direct customers menggunakan marketplace. Strategi ini juga didukung oleh data Statista Market Insights  yang menunjukkan bahwa perkembangan transaksi skincare pada lanskap e-commerce di Indonesia diprediksi mencapai US$780,4 Juta pada tahun 2023. Bahkan pada tahun 2027, industri ini diperkirakan akan terus bertumbuh sebesar 8,9% atau setara dengan US$1.097,7 Juta. Dengan demikian, strategi peluncuran Waunt by Oriflame pada kanal penjualan online di Indonesia, baik melalui website dan marketplace, menjadi peluang yang tepat bagi brand partners terpilih yang mengambil kesempatan ini, sekaligus menjawab kebutuhan pasar yang dinamis.


Waunt by Oriflame merupakan produk kecantikan terbaru dari Oriflame mengusung tema vegan hybrid skincare. Rangkaian produk yang diciptakan oleh Waunt By Oriflame didesain dengan perpaduan manfaat skincare sekaligus makeup, sehingga konsumen bisa mendapatkan hasil yang optimal dalam satu produk serta tampil percaya diri dan alami. Kehadiran Waunt by Oriflame tidak hanya bermanfaat untuk konsumen saja, namun juga keberlangsungan pada lingkungan, karena tidak mengandung bahan hewani atau olahannya di setiap produknya.

Frederic Johnson, Sales Director Oriflame Indonesia, menuturkan “Sejak awal berdiri, kami selalu berusaha untuk hadir memberikan inspirasi dan mengubah hidup sekeliling kami menjadi lebih baik. Kepercayaan kami terhadap melakukan segala sesuatu dengan passion, memberikan semangat untuk terus membawa pembaharuan di industri kecantikan. Dengan demikian, kami menginginkan kehadiran Waunt by Oriflame juga dapat menginspirasi dan mudah diakses bagi seluruh konsumen melalui strategi penjualan secara online. Hal ini juga diharapkan mempermudah para konsumen di berbagai pelosok wilayah kepulauan Indonesia melalui para brand partners terpilih, sehingga kami dapat melayani market Indonesia yang begitu masif dengan kecepatan pengiriman dan harga yang setara.”

Dengan demikian, Waunt by Oriflame mempercayakan peluncuran perdananya di Indonesia kepada SIRCLO sebagai mitra strategis omnichannel commerce enabler yang mendukung penjualan di sejumlah kanal marketplace terbesar di Tanah Air, seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada, serta website. Danang Cahyono, Chief Operating Officer (COO) SIRCLO menambahkan, “Setelah hadir sebagai enabler di Indonesia selama 10 tahun, kami melihat industri kecantikan di kanal penjualan online terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Dengan kekuatan Oriflame yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1986, menjadi suatu kebanggaan bagi SIRCLO untuk kerjasama sebagai mitra strategis. SIRCLO, dengan solusi teknologi terintegrasi yang menyeluruh, dapat membantu Waunt by Oriflame meraih keberhasilan dalam transformasi digitalnya, memberikan pengalaman berbelanja yang optimal, serta mendukung kelancaran distribusi dan pemasaran produk-produknya di era digital.”

Danang juga menuturkan bahwa agar dapat unggul di penjualan online, penting bagi sebuah brand untuk memiliki kapabilitas channel management yang mumpuni, mulai dari pengalaman berbelanja melalui website yang lancar, aksesibilitas barang yang mudah dijangkau oleh konsumen, jaminan keaslian barang, titik distribusi yang luas, pemasaran yang efektif di berbagai kanal daring, hingga pelaporan data.

Oleh karena itu, layanan SIRCLO yang menargetkan klien berskala enterprise yaitu SIRCLO Commerce, solusi komprehensif bagi brand berskala besar yang ingin memperluas pasarnya melalui berbagai kanal penjualan online, dan SIRCLO Swift, penyedia konsultasi dan teknologi terintegrasi, dapat menyediakan layanan yang menyeluruh bagi Waunt by Oriflame untuk mendorong pertumbuhan bisnis, menawarkan peluang re-seller kepada brand partners terpilih, dan menjawab kebutuhan konsumen dalam berbelanja di berbagai kanal online.

Kini Waunt by Oriflame, melalui SIRCLO, telah memasarkan produknya pada berbagai kanal daring guna memperluas visibilitasnya dan mempermudah para brand partners menjangkau produk terbarunya. Seluruh produk Waunt by Oriflame dapat dijangkau melalui berbagai kanal online, seperti wauntbyoriflame.com, Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

Tentang SIRCLO SIRCLO Group adalah penyedia solusi omnichannel commerce terdepan di Indonesia. SIRCLO memiliki misi untuk memaksimalkan potensi manusia maupun bisnis melalui solusi teknologi yang terintegrasi agar mereka mampu menjadi yang tercepat dalam menyongsong masa depan. Solusi-solusi yang ada di ekosistem super SIRCLO mampu menjangkau berbagai skala dan segmen pengguna, mulai dari bisnis enterprise, bisnis skala kecil dan menengah, bisnis berskala mikro dan new retail, hingga jutaan end-consumers.

Baca Juga: Gandeng SIRCLO, Kominfo Luncurkan Adopsi Teknologi Digital 4.0 & Inkubasi Bisnis UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti