OVO perluas jangkauan QR code ke 9.000 UKM



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. OVO memperluas jangkauan platform pembayaran ke sekitar 9.000 usaha kecil dan menengah (UKM). Perusahaan platform pembayaran ini mengungkapkan, OVO QR code telah tersedia dan dapat diakses melalui aplikasi OVO dan Grab.

OVO mengungkapkan, melalui perluasan jangkauan QR code ini, OVO menjadi satu-satunya platform pembayaran di Indonesia yang diterima di semua jenis bisnis, dari mal besar hingga gerai tradisional kecil yang sebelumnya belum pernah tersentuh pembayaran non-tunai. Pada akhir 2018, OVO menargetkan QR code tersedia di 100.000 UKM.

Hingga tahun 2017, terdapat hampir 60 juta UKM di Indonesia, yang menyumbang lebih dari 60% PDB negara. Namun, kurang dari 8% dari UKM tersebut yang menggunakan teknologi untuk memasarkan produk mereka.


Dengan perluasan jangkauan QR code ini, OVO membuat teknologi pembayaran yang murah tersedia di seluruh kota-kota Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Semarang. Upaya ini dilakukan guna memastikan lebih banyak pemilik usaha kecil seperti pujasera, warung dan kios yang dapat memanfaatkan teknologi non-tunai untuk pertama kalinya, serta menumbuhkan bisnis mereka secara lebih cepat dengan memanfaatkan basis pelanggan OVO dan Grab.

“Dengan QR code OVO, bahkan warung kelontong yang tidak terjangkau pembayaran menggunakan mesin EDC, dapat memanfaatkan teknologi dan menerima pembayaran non-tunai. OVO dan Grab yang tersedia di 60 juta unit ponsel, membuka kesempatan besar bagi UKM untuk menumbuhkan bisnis mereka,” ujar Adrian Suherman, Presiden Direktur OVO.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia mengungkapkan, kerja sama dengan OVO ini merupakan bagian dari strategi Grab untuk menjadi everyday super app pertama di Asia Tenggara. Dengan menyediakan pembayaran QR code di aplikasi Grab, secara berkesinambungan kami akan terus menambahkan layanan yang paling sering digunakan oleh pelanggan di dalam aplikasi Grab.

“Selain menghadirkan lebih banyak layanan kepada pelanggan, kami pun ingin memanfaatkan basis pengguna Grab untuk meningkatkan pendapatan UKM di Indonesia sebagai upaya mendukung target 8 juta UMKM go-online di 2020,” kata Ridzki.

OVO telah bermitra dengan beberapa perusahaan di Indonesia. Dalam enam bulan terakhir, OVO telah mengumumkan kerja sama dengan Alfamart, Bank Mandiri, Grab, Kudo dan Moka. Dalam waktu dekat OVO akan tersedia pada 350.000 gerai di 212.

OVO perluas jangkauan QR code ke 9.000 UKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati