Pada Pembukaan Pagi, Indeks Perdagangan Sejumlah Negara Naik



HONGKONG. Kabar baik akhirnya datang juga dari pasar bursa global. Pada transaksi perdagangan pagi ini, indeks perdagangan di sejumlah negara mengalami peningkatan. Sepertinya, kebijakan yang diambil oleh pemerintah di berbagai negara dalam menangani krisis finansial cukup efektif dalam emerdam gejolak pasar.

Di Australia, indeks Standard and Poor Australian Stock Exchange 200 mengalami kenaikan 4,9% dan bertengger pada posisi 4.145. Padahal, pada minggu lalu, indeks Australia ini sempat mengalami penurunan sebesar 16%, dan merupakan minggu terparah dalam beberapa tahun belakangan.

Jika dilihat, saham-saham perusahaan finansial memimpin kenaikan indeks tersebut. Misalnya saja, Grup Perbankan Australia dan Selandia Baru yang mengalami lonjakan tajam mencapai 9% pada transaksi Senin pagi ini. Kenaikan tersebut terjadi setelah pemerintah Australia mengumumkan akan menjamin seluruh deposito perbankan selama tiga tahun.


Selain itu, kenaikan indeks juga terjadi di Korea Selatan. Indeks patokan Kospi mengalami peningkatan 2,9%.

Di Jepang, bursa perdagangan hari ini ditutup dikarenakan hari libur nasional. Catatan saja, indeks Nikkei 225 pada minggu lalu anjlok tajam sebesar 24%.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie