Pahami Feminisme Lewat 5 Buku dari Dalam dan Luar Negeri Populer Ini



MOMSMONEY.ID - Jika ingin memahami lebih jauh tentang feminisme, berikut ada rekomendasi buku soal feminisme yang bisa dijadikan referensi.

Feminisme tengah menjadi obrolan seru di kalangan muda-mudi yang tertarik memperjuangkan hak-hak perempuan.

Namun tak semua orang memiliki pemahaman sama tentang feminisme, lo.


Maka dari itu, jika Anda tertarik untuk memahami feminisme lebih jauh, beberapa rekomendasi buku ini bisa dibaca.

Baca Juga: Daftar Negara Teraman di Dunia Untuk Solo Traveler Perempuan, Yuk Kunjungi

Ada Serigala Betina dalam Diri Setiap Perempuan: Psikologi Feminis untuk Meretas Patriarki

Merupakan buku yang ditulis oleh perempuan Indonesia, buku ini cocok dibaca oleh siapa pun yang ingin mengetahui sejarah feminisme menurut teori dan penelitian.

Menariknya, buku ini ditulis langsung oleh psikolog yang pernah merasa seperti terpenjara dalam nilai-nilai patriarki. Hingga akhirnya ia berhasil menemukan kekuatan serigala betina yang ada dalam dirinya.

Kim Ji Young, Born 1982

Setelah buku dan film ini dirilis, banyak para pria di Korea yang memandang sebelah mata setiap perempuan yang membaca buku ini, loh. Sebab, buku ini menampilkan realita nyata kehidupan patriarki di Korea Selatan.

Buku ini menyuguhkan realita bagaimana para lelaki dipandang sebagai pemimpin dan perempuan yang tak pernah dianggap. Hingga kemudian, tak jarang semakin banyak perempuan di Korea yang merasakan trauma dan depresi lantaran kehidupan mereka yang lebih sulit dari laki-laki.

Baca Juga: Lagi Jomblo, Ini Tiga Destinasi Liburan yang Pas buat Solo Traveling

The Second Sex

Bagi yang ingin tahu tentang penjelasan feminisme di masa awal dan tokoh populer feminis, maka buku Simone De Beauvoir ini wajib dibaca. Melalui buku ini, penulis menyampaikan analisis kuat terhadap gagasan Barat tentang perempuan dan ketidaksetaraannya.

Teori-teori populer Beauvoir kemudian banyak digunakan sebagai pelopor teori feminisme yang relevan, penuh inspirasi, dan memprovokasi generasi pria dan perempuan hingga saat ini.

We Should All be Feminists

Apa arti feminisme saat ini? Itulah pertanyaan yang menjadi inti dari buku ini. Sebuah esai pribadi dengan argumen yang fasih diadaptasi dari ceramahnya di TEDx dengan judul yang sama.

Salah satu eksplorasi penulis yang luar biasa tentang apa artinya menjadi seorang perempuan saat ini dan seruan terkini tentang mengapa semua perempuan harus menjadi feminis. Buku ini ditulis oleh Chimamanda Ngozi Adichie, penulis pemenang penghargaan Americanah dan Half of a Yellow Sun.

Perempuan di Titik Nol

Jika Anda ingin tahu bagaimana patriarki menindas para perempuan di Mesir, maka buku ini bisa dibaca. Novel ini terinspirasi dari kisah nyata Nawal El Saadawi, sang penulis, ketika bertemu dengan seorang narapidana di Penjara Qanatir.

Narapidana tersebut merupakan pekerja seks yang divonis hukuman gantung. Melalui novel ini, penulis mengisahkan bagaimana perempuan, terutama di Mesir, selalu menjadi warga kelas dua yang hidup di bayangan patriarki.

Nah, itulah tadi beberapa judul buku tentang feminisme dari dalam dan luar negeri yang bisa dibaca untuk menambah referensi tentang kesetaraan gender.

Selanjutnya: Harga Pertamax Hari Ini Lebih Murah, Bandingkan dengan Harga BBM Shell, Vivo & BP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia