Pakar: Jokowi menang, Prabowo menuai untung



JAKARTA. Pengamat politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto menilai kemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama memberikan efek yang baik bagi Prabowo. Dia mencontohkan, Prabowo akan mendapat publisitas pada saat merayakan kemenangan pasangan Joko Widodo-Basuki.

"Kalau secara politis setiap kemenangan itu pasti ada keuntungan politik bagi siapapun tim di belakangnya, apakah prabowo dan mega diuntungkan," ungkap Gun Gun, Jumat (21/9).

Prabowo adalah Ketua Umum Partai Gerindra yang menjadi pendukung utama pasangan Joko Widodo-Basuki. Pasangan ini juga didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Berdasarkan perhitungan cepat berbagai lembaga survei, pasangan Joko Widodo-Basuki meraih suara lebih besar ketimbang lawannya, pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.


Menurut Gun Gun, kemenangan pasangan itu dalam pemilihan kepala daerah DKI menjadi bagian strategi Prabowo menuju pemilihan presiden 2014 mendatang. "Jakarta bisa jadi salah satu entry menuju pemilihan presiden," katanya.Gun Gun bilang, dampak publisitas kepada Prabowo itu merupakan hal yang tidak terhindari. Dia menilai keuntungan itu sebagai hal yang wajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Edy Can