KONTAN.CO.ID - Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet Indonesia (222,5 juta) masih didominasi para pengguna dari Pulau Jawa (57,82%), namun jumlah pengguna internet dan pembelanja online di daerah lainnya juga terus bertumbuh, tak terkecuali di area Sumatra (20,69%) dan sekitarnya. Untuk mengakomodir pertumbuhan pembelanja online, khususnya di area Sumatra, Lazada Indonesia (Lazada) terus mengembangkan kemitraan dengan perusahaan logistik lokal di Sumatra, termasuk di antaranya dengan PT Berkah Orang Tua Indonesia (BOTI) yang terkenal atas kapasitas pengiriman barang yang mampu mengatasi tantangan lanskap area yang tersulit sekalipun di Sumatra. Meski masih berjalan seumur jagung, kemitraan Lazada dan BOTI yang telah terjalin sejak September 2023 kini terus berkembang. “Di samping pengembangan teknologi dan kapabilitas kami, kemitraan lokal berperan penting dalam mendorong pertumbuhan Lazada dalam ekosistem perdagangan online di Indonesia. Lonjakan pelanggan dari berbagai daerah tersebar dari Sabang sampai Merauke membuat Lazada tergugah untuk memastikan layanan operasional yang mulus dengan berbagai kolaborasi dan inovasi, sekaligus memberdayakan para warga lokal.
Untuk pengiriman paket pesanan misalnya, keberadaan mitra logistik lokal yang memahami lanskap area dan karakteristik masyarakat sekitar akan memudahkan kami dalam memastikan layanan pengiriman yang aman dan tepat waktu,” ujar Vice President, Logistics, Lazada Indonesia, Jason Ryandi Assana. Dengan volume pesanan di Lazada yang terus meningkat, termasuk pesanan yang dikirimkan dari penjual di Sumatra ataupun pesanan dari pelanggan di Sumatra, Lazada membutuhkan dukungan dari banyak mitra strategis untuk tetap memastikan layanan yang mumpuni, termasuk saat pengiriman barang. Dengan rekam jejak BOTI yang baik di area Sumatra serta kesamaan semangat melayani pelanggan, kerja sama Lazada dan BOTI memberikan nilai tambah bagi layanan Lazada di area Sumatra. “Kami bangga bisa berkolaborasi dengan Lazada untuk melayani pelanggan Lazada agar bisa menerima paket pesanannya dengan tepat waktu. Dengan semangat ‘Delivery with Smile’ yang selalu kami dorong kepada para kurir kami, kami berkeinginan agar proses pengiriman paket ini bisa dilaksanakan dengan penuh semangat oleh tim kurir kami dan bisa membawa kebahagiaan bagi konsumen penerima paket,” kata Direktur Utama BOTI, Ghifari. Pengalaman dan pengetahuan BOTI akan struktur dan akses area serta kedekatan dengan penduduk area jangkauan BOTI khususnya di Sumatra Selatan, Kota Jambi, dan Lampung, menjadikan proses pengiriman barang bisa dilakukan dengan lebih cepat dan aman. Bahkan Ghifari mengakui, “Terkadang konsumen kaget karena paketnya datang lebih cepat, padahal saat itu konsumen belum menyiapkan uang untuk pembayaran paket COD (cash-on-delivery)-nya,” ujar Ghifari. “Karena cepatnya kedatangan paket Lazada, konsumen di area kami puas dan menyiapkan uang tunai lebih cepat bagi yang memilih pembayaran COD.” Kolaborasi mitra logistik untuk tumbuhkan bisnis lokal Kinerja BOTI yang baik dan mampu melayani pelanggan Lazada sepenuh hati, mendorong Lazada memperluas kerja sama dengan BOTI. Tidak hanya area domisili pelanggan Lazada yang didukung layanan BOTI meluas, namun juga sebaliknya, Lazada juga terus berbagi pengalaman dan keahliannya di eCommerce selama 12 tahun ini untuk memperkuat tim BOTI. “Tak dipungkiri kerja sama dengan Lazada juga mendorong pertumbuhan bisnis BOTI. Komitmen Lazada untuk terus memberikan pembekalan dan edukasi kepada para kurir kami, khususnya terkait dengan proses belanja online di platform Lazada, akan menjadi bekal kurir kami bisa melayani pelanggan dengan lebih baik setiap harinya.Sistem dan teknologi canggih yang ada di Lazada pun juga akan mendukung operasional kami menjadi lebih efektif dan efisien,” tambah Ghifari. Sejak berkolaborasi dengan Lazada, BOTI mengalami pertumbuhan bisnis hingga 80%. “Kami yakin akan terus bertumbuh bersama dengan para kurir kami untuk memastikan kualitas layanan yang mumpuni. Kami percaya bahwa pengiriman paket yang cepat dan aman bisa membawa kebahagiaan untuk para konsumen,” ujar Ghifari. “Lazada berkomitmen untuk menjadi katalis dalam memajukan ekonomi digital Indonesia yang inklusif. Kami percaya bahwa komitmen ini hanya dapat terwujud melalui kerja sama strategis dan dukungan penuh dari para mitra kami di seluruh Indonesia termasuk wilayah Sumatra dan sekitarnya," tutup Jason. Tentang Lazada
Lazada Group adalah pionir platform e-commerce di Asia Tenggara. Selama 12 tahun terakhir, Lazada mempercepat kemajuan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam melalui perdagangan dan teknologi. Saat ini, ekosistem Lazada yang terus berkembang menghubungkan 160 juta pelanggan kami dengan lebih dari satu juta penjual aktif setiap bulannya, yang bertransaksi dengan aman dan nyaman melalui saluran pembayaran terpercaya, menerima paket melalui jaringan logistik lokal yang telah menjadi yang terbesar di kawasan ini. Di Indonesia, Lazada dikenal sebagai pionir Harbolnas, festival belanja terbesar di tanah air. Masyarakat Indonesia dapat menikmati pengalaman berbelanja yang aman dan nyaman dengan pengiriman cepat dan gratis ongkir, yang didukung oleh layanan logistik Lazada yang menyeluruh. Sebagai bagian dari upaya membangun bisnis e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia, Lazada berkomitmen untuk memberdayakan talenta Indonesia agar siap menghadapi masa depan.
Baca Juga: Tips Jitu Kuasai Data untuk Strategi Bisnis Kelas Wahid ala Lazada Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti