Palantir Technologies bersiap listing di bursa saham



KONTAN.CO.ID - NEW YORK.  Palantir Technologies, Inc menyatakan, pada Senin (6/7) telah mengajukan dokumen penawaran saham perdana ke  Securities and Exchange Commission (SEC). Mengutip Reuters Rabu (8/7), perusahaan teknologi  itu tidak menyebutkan jumlah penawaran umum tersebut.   

Rencana initial public offering (IPO) itu menjadikan Palantir  salah satu perusahaan teknologi yang listing di bursa saham sejak Uber pada tahun 2019. Dalam putaran penggalangan dana yang terakhir digelar pada tahun 2015, Palantir bernilai US$ 20 miliar. Perusahaan itu adalah salah satu perusahaan teknologi swasta paling bernilai di Amerika Serikat. Menurut sumber pasar, saham Palantir telah diperdagangkan di pasar privat dengan nilai antara US$ 10 miliar dan US$ 12 miliar.

Tidak banyak yang diketahui mengenai perusahaan yang berdiri pada tahun 2003 oleh bankir investasi Peter Thiel dan termasuk eksekutif saat ini Alex Karp.  Palantir mengelola keamanan data jumlah besar untuk pelanggan sektor swasta dan publik.

Editor: Ahmad Febrian