Pameran Megabuild Akan digelar 2 Kali Tahun Depan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panorama Media didukung Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) serta Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) akan menggelar pameran bahan bangunan, konstruksi, arsitektur, dan desain interior bertajuk Megabuild Indonesia pada 2025 sebanyak dua kali. 

Edisi ke-22 dari pameran ini akan berlangsung pada 24-27 April 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), disusul oleh edisi ke-23 pada 13-16 November 2025. 

Royanto Handaya, Direktur Utama Panorama Media, berharap Pameran Megabuild Indonesia dapat berperan penting dalam mendukung momentum pertumbuhan ekonomi tahun 2024, khususnya di sektor konstruksi yang tumbuh sebesar 7,29% pada kuartal kedua tahun 2024.


Ia melihat Indonesia saat ini berada di jalur menuju Indonesia Emas 2045, dengan visi menjadi negara maju melalui pertumbuhan ekonomi yang stabil sebesar 6-7% per tahun. 

“Pemerintah terus mendukung sektor-sektor strategis, seperti industri domestik dan infrastruktur, untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam rantai pasokan global,” ungkap Royanto dalam keterangannya, Kamis (17/10).

Baca Juga: Kebutuhan Gaya Hidup dan Olahraga Masih Meningkat di Tengah Menurunnya Daya Beli

Ia optimistis dunia bisnis semakin menguat, terlihat dari peningkatan yang signifikan pada komposisi pinjaman korporasi di perbankan serta penurunan tingkat Non-Performing Loan (NPL). 

Royanto mengatakan Megabuild Indonesia 2025 hadir dengan tampilan dan konsep yang lebih modern, sesuai dengan tren industri saat ini. Pameran yang akan digelar dua kali itu akan mengusung tema masing-masing “Innovating for Sustainable Tomorrow” dan “Designing for Inspired Living.” 

Talitha Sabrina, Project Manager Megabuild Indonesia, menjelaskan bahwa pameran kali ini akan menghadirkan berbagai elemen baru yang dirancang untuk memberikan pengalaman lebih mendalam bagi pengunjung. 

“Salah satu fokus utama kami adalah memberikan pengalaman interaktif kepada pengunjung, terutama melalui instalasi di area prefunction. Instalasi ini dirancang agar pengunjung tidak hanya melihat produk, tetapi juga merasakan langsung inovasi yang ditawarkan oleh berbagai brand,” ujar Talitha.

Instalasi ini dikurasi oleh Sidhi Wiguna Teh, arsitek dan kurator di Megabuild Indonesia. Selain itu, Megabuild Indonesia juga akan menghadirkan konferensi yang membahas topik-topik penting terkait inovasi material bangunan, desain, dan teknologi konstruksi.

Baca Juga: Industri Nasional Catatkan Kejasama Senilai US$ 10 Juta di Manufacturing World Osaka

Franklin Rachmawan perwakilan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menegaskan pentingnya dukungan dari asosiasi profesional dalam pameran ini.

Menurutnya, Megabuild Indonesia adalah wadah penting bagi para profesional di sektor konstruksi dan arsitektur untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan menemukan solusi inovatif. “Pameran ini akan menjadi momentum penting untuk menggerakkan pembangunan di masa depan.”pungkas Franklin.

Selanjutnya: Kemenperin Gencar Sosialisasikan Regulasi Baru SNI Wajib bagi Industri

Menarik Dibaca: 4 Promo Lawson 16-31 Oktober 2024, Semua Diskon Bento hingga Minuman Kopi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk