KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat. Menurut Global Web Index, terdapat lebih dari 76% pengguna Internet berusia 16 – 64 tahun yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet. Country Director ADA in Indonesia Faradi Bachri banyak yang menyikapi perubahan perilaku konsumen ini sebagai kelesuan dalam bisnis. “Sebetulnya, konsumen tidak hilang. Mereka hanya beralih ke digital platform yang memungkinkan mereka untuk tetap beraktivitas dan bersoialisasi di tengah situasi pendemi,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima kontan.co.id, Selasa (21/7). Selain beralih ke digital platform, situasi pandemi juga membuat masyarakat menahan konsumsinya. Pengeluaran terfokus pada kebutuhan harian, sementara sisanya disimpan atau ditabung. Masyarakat menunggu saat yang tepat untuk melakukan pengeluaran di luar kebutuhan harian.
Pandemi virus corona (Covid-19) mempercepat transformasi digital
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat. Menurut Global Web Index, terdapat lebih dari 76% pengguna Internet berusia 16 – 64 tahun yang menghabiskan waktunya untuk berselancar di internet. Country Director ADA in Indonesia Faradi Bachri banyak yang menyikapi perubahan perilaku konsumen ini sebagai kelesuan dalam bisnis. “Sebetulnya, konsumen tidak hilang. Mereka hanya beralih ke digital platform yang memungkinkan mereka untuk tetap beraktivitas dan bersoialisasi di tengah situasi pendemi,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima kontan.co.id, Selasa (21/7). Selain beralih ke digital platform, situasi pandemi juga membuat masyarakat menahan konsumsinya. Pengeluaran terfokus pada kebutuhan harian, sementara sisanya disimpan atau ditabung. Masyarakat menunggu saat yang tepat untuk melakukan pengeluaran di luar kebutuhan harian.