KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panduan membatalkan pesanan Shopee bagi pembeli dan penjual. Pengguna dapat menikmati berbagai fitur dan fasilitas canggih yang tersedia di aplikasi Shopee. Sebagai salah satu marketplace terbesar, Shopee memiliki banyak pengguna aktif, baik pembeli maupun penjual. Saat ini, pengguna aplikasi Shopee dapat dengan mudah menemukan dan memesan produk atau layanan yang dibutuhkan.
Beragam metode pembayaran serta promo menarik menjadi salah satu daya tarik utama dalam bertransaksi di Shopee. Baca Juga:
Intip Kiat E-Commerce Ini Jadi Jawara Kepuasan Pembeli, Penjual Brand Lokal dan UMKM Cara membatalkan pesanan Shopee
Namun, ada kalanya pengguna melakukan kesalahan dalam bertransaksi di Shopee. Misalnya, pengguna bisa secara tidak sengaja membeli barang yang sudah masuk ke daftar pesanan penjual. Proses pesanan di Shopee meliputi tahap pengemasan hingga pengiriman barang. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat diikuti untuk membatalkan pesanan Shopee sesuai kondisi yang berlaku antara penjual dan pembeli. Berikut ini beberapa langkah untuk membatalkan pesanan Shopee bagi pembeli dengan persyaratan tertentu. Baca Juga:
Shopee Catat Penjualan Brand Lokal 5 Kali Lipat Pada Shopee 9.9 1. Cancel pesanan Shopee secara otomatis
Pengguna bisa melakukan langkah paling mudah dengan membatalkan pesanan Shopee oleh sistem. Kondisi ini terjadi apabila pengguna tidak mendapatkan kabar atau penjual tidak mengirimkan pesanan hingga masa pengemasan habis. Cara membatalkan pesanan Shopee secara otomatis ini juga berlaku jika penjual tidak membuka aplikasi Shopee. Hal ini dapat dilihat dari waktu terakhir penjual aktif atau membuka aplikasi Shopee melalui profil atau chat. Secara sederhana, pengguna bisa membatalkan pesanan Shopee ada di menu Pesanan Saya.
2. Cancel pesanan Shopee secara instan
Nah, ada langkah mudah untuk membatalkan pesanan saat barang belum diproses sama sekali oleh penjual. Selanjutnya, ada cara membatalkan pesanan Shopee secara instan dapat dilakukan oleh pembeli dalam waktu 1 jam setelah pembayaran terverifikasi. Pembeli dapat mengikuti cara membatalkan pesanan Shopee dan tidak perlu menunggu respons penjual. Tentu, pengguna juga bisa membuka percakapan untuk membatalkan dan memahami alasan pembatalan.
3. Cancel pesanan Shopee secara non-instan
Terakhir, langkah untuk membatalkan pesanan Shopee adalah dengan respon dari penjual atau
seller. Setiap penjual juga berhak menolak untuk pembatalan jika barang sudah dikirim.
Kemudian, untuk membatalkan pesanan Shopee bisa dilakukan saat barang sudah dikemas oleh penjual. Pastikan buka percakapan dengan penjual agar memahami keluhan atau alasan membatalkan pesanan. Langkah cara membatalkan pesanan Shopee di atas dan harus menunggu respons penjual. Sehingga, sistem akan memberikan jangka waktu 1x24 jam untuk penjual merespons, apabila tidak pembatalan akan otomatis berhasil. Itulah penjelasan terkait panduan dalam membatalkan pesanan Shopee yang bergantung dari sistem. Setiap pengguna Shopee bisa mengadukan masalah pembatalan melalui customer service pada menu Akun Saya di aplikasi. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News