Panduan Cara Membuat Google Docs bagi Pemula, Bisa Kelola dan Share File



KONTAN.CO.ID - Cara membuat Google Docs bagi pemula dan langkah mengelolanya. Google Document atau disebut Google Docs memudahkan pengguna layanan ini untuk dilakukan bersama akun lain.

Google Docs adalah aplikasi pengolah teks yang disediakan oleh Google sebagai bagian dari paket layanan Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai Google Apps).

Dengan Google Docs, pengguna dapat membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara online dengan mudah.


Nah, Google Docs memungkinkan pengguna untuk bekerja secara bersama-sama dalam dokumen yang sama secara real-time.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengubah PDF ke Word secara Online, Bisa Pakai Google Docs

Seperti Microsoft Word, platform ini masih menyediakan proses penulisan dan penyuntingan, seperti pengecekan ejaan, penambahan link, dan penambahan tabel.

  • Dukungan terhadap berbagai jenis file: Google Docs dapat membaca dan menyimpan berbagai jenis file, seperti file dokumen, file spreadsheet, dan file presentasi.
  • Akses dari mana saja: Google Docs dapat diakses dari mana saja dengan menggunakan koneksi internet, sehingga pengguna dapat bekerja dari manapun.
  • Penyimpanan online: Google Docs menyimpan dokumen yang dibuat atau diedit secara online, sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehilangan dokumen.
Berbagi dokumen dengan mudah: Google Docs memungkinkan pengguna untuk membagikan dokumen dengan orang lain dengan mudah, baik secara publik atau hanya dengan orang-orang yang ditentukan.

Apabila sudah memiliki akun Gmail, bisa mencermati cara membuat Google Docs dan membagikannya ke akun lain.

Baca Juga: 2 Cara Melihat Hasil Google Form lewat HP hingga Laptop

Simak cara membuat Google Docs dengan mudah untuk pemula.

Cara Membuat Google Docs untuk pemula

1. Cara Membuat Google Docs dengan file baru

Pertama, cara membuat Google Docs untuk file baru bisa dilakukan dengan mudah.

  • Buka akun Gmail pada browser.
  • Klik Ikon 9 titik di Gmail.
  • Gulir ke bawah untuk klik Dokumen.
  • Pilih Template.
  • Pilih Start a new document.
  • Klik ikon Plus untuk membuat dokumen baru.
  • Dokumen siap diedit.

2. Cara membuat Google Docs tersambung ke akun lain

Setelah melihat cara membuat Google Docs, dokumen tersebut bisa tersambung ke email dan akun lain.

  • Buka file Google Docs.
  • Klik Share atau Bagikan di bagian kanan atas.
  • Pilih Tentukan akun.
  • Klik Konfirmasi.
  • Klik Done.
  • Salin tautan untuk dibagikan ke pengguna lain yang diizinkan ke email.

3. Cara membuat Google Docs dengan file lama

Sementara, cara membuat Google Docs untuk file lama bisa diunggah dengan ringkas.

  • Buka akun Gmail pada browser.
  • Klik Ikon 9 titik di Gmail.
  • Gulir ke bawah untuk klik Dokumen.
  • Pilih Template.
  • Pilih Start a new document.
  • Klik ikon Plus untuk membuat dokumen baru.
  • Klik menu File.
  • Klik Buka.
  • Pilih menu Upload.
  • Pilih file lama untuk diunggah.
  • File sudah muncul di Google Docs.

Cara menyimpan file Google Docs

Pengguna bisa menyimpan file ke perangkat komputer dengan langkah yang sama seperti Microsoft Word.

  • Buka dokumen.
  • Klik File.
  • Pilih Download.
  • Pilih salah satu format file.
  • Tunggu hingga proses unduh berlangsung.
Tidak perlu khawatir, setiap gerakan dalam menyunting file di Google Docs sudah tersimpan secara otomatis.

Dari beberapa cara membuat Google Docs di atas mudah diterapkan oleh pemula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News