Panduan Komplain Paket JNE Express hingga Lacak Resinya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak panduan cara mengajukan komplain paket JNE Express dan melacak pengiriman menggunakan resi. JNE Express adalah salah satu layanan pengiriman barang yang sudah populer di Indonesia.

JNE Express, singkatan dari PT Jalur Nugraha Ekakurir, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik di Indonesia. JNE berkomitmen menyediakan layanan pengiriman cepat dan andal untuk berbagai jenis barang, seperti dokumen, paket, dan barang dagangan.

Kini layanan JNE Express sudah mencakup ke berbagai urusan pengiriman domestik dan internasional.


Baca Juga: Hadapi Perkembangan Bisnis, JNE Express Bangun Gudang Dekat Bandara Soetta

Informasi Produk JNE

Untuk pengiriman domestik, JNE Express menyediakan layanan kilat, reguler, dan OKE. Layanan kilat memastikan paket sampai dalam 1-2 hari kerja, layanan reguler dalam 2-3 hari kerja, dan layanan OKE memakan waktu 3-4 hari kerja.

Untuk pengiriman internasional, JNE Express melayani pengiriman dokumen, paket, dan barang dagangan ke berbagai negara di dunia.

Selain itu, JNE Express menyediakan layanan pelacakan online sehingga pengirim dan penerima dapat memantau status pengiriman secara real-time.

Baca Juga: Begini Jurus JNE Hadapi Tantangan Pasar Logistik Marketplace

Komplain paket JNE Express

Hubungi Layanan Pelanggan JNE Express seperti hotline JNE Express di nomor (021) 2927 8888 dan email: customercare@jne.co.id.

Kemudian, Anda juga bisa membuka laman resmi JNE yang bisa dijangkau lewat fitur CHAT JONI.

  • Buka laman resmi www.jne.co.id/.
  • Klik ikon Chat JONI.
  • Isi formulir dengan memasukkan nama lengkap, email, dan nomor telepon.
  • Klik Start Chatting.
  • Isi kolom pesan terkait keluhan/masalah/pertanyaan tentang paket JNE.
  • Tunggu balasan dari pihak CS.
Anda bisa segera hubungi pusat layanan pelanggan JNE Express. Anda dapat menemukan nomor kontak dan informasi lainnya di situs web resmi mereka atau pada tanda terima pengiriman.

Tips komplain paket

Saat berbicara dengan layanan CS JNE Express, siapkan informasi penting seperti nomor resi pengiriman, detail pengirim, dan penerima, serta deskripsi keluhan atau masalah yang Anda alami.

Gambarkan masalah yang Anda alami dan berikan informasi yang dibutuhkan agar mereka dapat membantu Anda dengan lebih baik.

Jangan lupa untuk meminta nomor referensi atau tiket keluhan sebagai bukti bahwa keluhan Anda telah tercatat dalam sistem mereka. Ini dapat membantu mempercepat proses penyelesaian.

Ikuti petunjuk atau saran yang diberikan oleh petugas layanan pelanggan untuk menyelesaikan masalah atau keluhan. Mereka mungkin memberikan informasi tambahan atau meminta tambahan dokumen.

Pantau status keluhan Anda melalui nomor referensi yang diberikan. Jika keluhan tidak terselesaikan dengan memuaskan, Anda mungkin perlu mengajukan keluhan lebih lanjut atau mencari bantuan dari instansi yang berwenang.

Cara cek resi JNE

Nah, berikut ini beberapa langkah untuk cek resi JNE Express melalui laman Website dan media sosial berikut ini.

1. Periksa resi JNE Express via website

Kemudian ada pilihan lain dengan cara cek resi JNE Express melalui laman JNE di jne.co.id.

  • Buka https://www.jne.co.id/ pada browser.
  • Klik kolom Lacak Kiriman.
  • Isikan nomor resi JNE Express.
  • Klik Tracking berwarna hijau.
  • Tunggu pencarian paket yang tersedia berwarna biru.
  • Klik nomor resi warna biru untuk status lebih detail.

2. Cek resi JNE Express via MyJNE

Pengguna bisa ikuti langkah dari cara cek resi JNE Express via aplikasi dalam pemantauan paket dengan jumlah banyak. 

  • Download aplikasi MyJNE di Google Play Store atau App Store.
  • Pilih Sign Up dengan nomor HP.
  • Pilih cek resi JNE Express.
  • Masukkan nomor resi JNE Express.
  • Tunggu informasi posisi keberadaan paket.

3. Cek resi JNE Express via media sosial

Sedangkan, cara cek resi JNE berikut bisa dilakukan apabila muncul kecurigaan paket yang berhenti lama.

Pelanggan hanya perlu memberikan nomor resi JNE Express lewat layanan customer service (CS) seperti Twitter @JNE_ID dan Facebook JNE Pusat.

Demikian informasi bermanfaat untuk melacak dan komplain paket JNE Express bagi pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News