Tahun lalu, pangsa pasar HMSP menyusut 0,9%



JAKARTA. Pangsa pasar PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HSMP) pada tahun lalu menyusut. Pangsa pasar produk HMSP sepanjang tahun 2016 hanya sebesar 33,4%. Angka itu turun 0,9% dibandingkan pangsa pasar sepanjang 2015 yang mencapai 34,3%.

Mengacu laporan induk usaha HMSP, Philip Morris International Inc, kepada Bursa Efek Indonesia kemarin (6/2), volume penjualan rokok HMSP selama tahun lalu cuma sebanyak 315,6 miliar batang, lebih rendah daripada realisasi 2015 sebanyak 320 miliar batang.

"Untuk setahun penuh, diperkirakan total pasar rokok kami menurun 1,4%, terutama merefleksikan kondisi ekonomi yang masih melemah dan kenaikan tarif cukai," tulis manajemen Philip Morris.


Setidaknya ada tiga merek andalan HMSP selama ini, yakni Sampoerna A dengan pangsa pasar 14%, diikuti Dji Sam Soe sebesar 6,5%, U Mild sebesar 4,2%. Produk HMSP lainnya memiliki pangsa pasar 8,7%.

Harga saham HMSP kemarin naik 1,79% menjadi Rp 3.980 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto