KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) berlomba-lomba akan memperkenalkan produk anyar jelang tutup tahun 2021 ini. Beberapa di antaranya, hadir lewat segmen low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV. Seperti misalnya Mitsubishi yang akan meluncurkan Xpander pada 8 November mendatang. Lalu ada Toyota Avanza yang akan dirilis pada 10 November, yang kemudian disusul oleh Daihatsu Xenia pada 11 November nanti. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan bahwa jenis mobil MPV memiliki ketertarikan tersendiri di mata konsumen Indonesia. Ini menjadi alasan mengapa segmen mobil yang satu ini masih cukup diminati oleh masyarakat, termasuk di tahun 2021.
"Segmen MPV masih akan menjadi pilihan konsumen," ujar Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (3/11). Baca Juga: Masih mendominasi pasar MPV, Toyota Astra Motor (TAM) luncurkan produk baru bulan ini Jongkie memaparkan, pangsa pasar penjualan nasional memang masih dipegang oleh segmen MPV dan Low Cost Green Car (LCGC). Di mana, segmen MPV pangsa pasarnya mencapai 40% sedangkan untuk LCGC berada di level 22%.