Pansel KPK: 236 Capim dan 146 Calon Dewas KPK Lolos Seleksi Administrasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panitia seleksi (pansel) telah mengumumkan calon pimpinan (capim) dan calon dewan pengawas (dewas) KPK yang lolos seleksi administrasi. 

Ketua Pansel KPK M Yusuf Ateh menjelaskan, masa pendaftaran calon pimpinan dan calon dewan pengawas KPK masa jabatan periode 2024-2029, dimulai dari 26 Juni sampai dengan 15 Juli 2024 pukul 23.59 WIB. 

Sampai dengan ditutupnya masa pendaftaran, jumlah pendaftar masing-masing calon pimpinan KPK sebanyak 318 orang dan calon dewan pengawas KPK sebanyak 207 orang.


"Dari jumlah pendaftar tersebut, yang dinyatakan lulus sebanyak 236 orang (74%) untuk calon pimpinan KPK dan sebanyak 146 orang (71%) untuk calon dewan pengawas KPK," ujar Ateh dalam konferensi pers, Rabu (24/7).

Baca Juga: Panitia Seleksi Terima 525 Pendaftar Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK

Pansel mencatat terjadi kenaikan pendaftar yang lolos seleksi administrasi dibandingkan dengan jumlah pendaftar yang lulus pada seleksi calon pimpinan periode sebelumnya.

Adapun, pada seleksi tahun 2019, dari jumlah pendaftar sebanyak 376 orang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 192 orang (51%). 

Nama-nama pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan pada hari ini 24 Juli 2024 melalui website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan website Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id).

Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, diwajibkan mengikuti seleksi tahap berikutnya, yaitu tes tertulis, yang akan diselenggarakan pada Rabu, 31 Juli 2024.

Lebih lanjut, Pansel KPK mengharapkan tanggapan dari masyarakat terhadap nama-nama peserta seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas KPK masa jabatan tahun 2024-2029 yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. 

Tanggapan masyarakat disampaikan langsung ke Sekretariat Panitia Seleksi mulai tanggal 24 Juli 2024 sampai dengan tanggal 24 Agustus 2024, melalui website Administrasi Panitia Seleksi Elektronik (APEL) pada alamat https://apel.setneg.go.id, atau melalui email ke pansel.capim.kpk@setneg.go.id dan pansel.cadewas.kpk@setneg.go.id.

Selanjutnya: Weha Transportasi (WEHA) Ekspansi Armada Baru Tahun Ini

Menarik Dibaca: Catat, ya! Inilah 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat