Semangat emansipasi wanita yang telah dirintis Raden Ajeng Kartini kini telah menular ke berbagai sendi kehidupan masyarakat. Bahkan, para operator seluler juga memanfaatkan isu emansipasi ini untuk menjajakan dagangannya. Sebagai contoh PT Telkomsel. Bertepatan dengan peringatan Hari Kartini pada 21 April kemarin, provider terbesar di Indonesia ini meluncurkan layanan khusus kaum perempuan. Layanan ini berupa konten yang berisi informasi-informasi mengenai kehidupan kaum perempuan. Telkomsel menjuluki produk barunya ini konten Dunia Wanita. VP Digital Music & Content Management Telkomsel, Krishnawan Pribadi, menyatakan layanan Dunia Wanita ini sebagai one stop info service mengenai dunia wanita setiap saat dan di mana pun pelanggan berada.
Khrisna menambahkan, layanan khusus untuk perempuan sangat strategis, karena kaum hawa merupakan pengguna terbesar berbagai produk Telkomsel. Sampai tahun 2009, jumlah pelanggan Telkomsel yang berjenis kelamin perempuan mencapai 45 juta atau sekitar 55% dari total pelanggan Telkomsel. Strategi anak perusahaan Telkom untuk menggarap pasar perempuan ini dilakukan seiring dengan membanjirnya produk-produk handphone yang menyediakan fitur-fitur khusus wanita. Pada akhir Maret lalu, Nexian, salah satu produsen handset lokal, merilis produk bertajuk NX-G788a atau biasa disebut juga Nexian SHE. Sesuai dengan namanya, ponsel Nexian SHE punya bentuk, fitur, dan embel-embel lain yang sangat khas perempuan. Ambil contoh bentuk ponsel Nexian SHE yang mungil layaknya tempat bedak perempuan. Nexian SHE juga dibalut dengan elemen batu swarovski yang membuatnya menjadi tampak berkilauan. Agar lebih menarik, Nexian SHE juga menyediakan fitur perempuan yang disebut dengan Sense Me. Di dalamnya terdapat fitur yang dapat membantu para perempuan untuk memiliki berat badan yang ideal dan fitur pencatat menstruasi. Samsung pun tergoda Isnur Rochmad, Chief Technical Officer PT Metrotech Jaya Komunika, produsen Nexian, menuturkan, peluncuran produk anyar Nexian SHE dilandasi keyakinan bahwa perempuan adalah pengambil keputusan utama di dalam pengeluaran keluarga. Itu berarti, daya beli perempuan lebih mumpuni dibanding dengan pria.Tahun ini, produk khusus perempuan ini ditargetkan terjual hingga 150.000 unit. Hingga kini, Isnur bilang, penjualan Nexian SHE cukup bagus. "Kami mungkin akan merilis seri lain untuk segmen pasar ini," jelas Isnur. Oh, iya, di pasar Nexian SHE dibanderol sekitar Rp 1,29 juta per unit.
Product Marketing Samsung Mobile Andry Sutamto mengatakan, perempuan bisa mengeluarkan kocek lebih banyak untuk mendapatkan ponsel yang memberikan personalisasi sekaligus menunjukkan jati dirinya. Untuk menggarap peluang ini, Samsung telah mengeluarkan varian ponsel berlabel Diva Collection. Sesuai target pasarnya, Samsung Diva menonjolkan sisi desain perempuan dengan bentuk menyerupai quilted-pattern yang diadaptasi dari merek fashion ternama. Andry bilang, desain itu dimaksudkan untuk menunjukkan kesan feminin dan high-fashion. Sayang, produk anyar dari Samsung ini baru beredar di Eropa dan China. "Kapan masuk ke Indonesia, kami belum tahu," ujar Andry lagi. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Test Test