KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak wisatawan atau traveler yang ingin kepraktisan dalam beranjangsana. Termasuk saat berada di bandara. Untuk itu, PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai pengelola 13 bandara berupaya merealisasikan hal tersebut. Maklum, bandara merupakan pintu masuk pertama menuju Indonesia, terutama bagi turis asing. Muhammad Awaluddin, Direktur Utama AP II menyatakan dirinya telah mendigitalisasikan layanan pada sebagian besar bandara yang dikelolanya. Sebab ada sebagian besar traveler yang tidak mau dilayani tapi justru secara mandiri. Terutama yang cukup membawa ransel yang merasa tidak perlu ikut antri dengan yang membawa bagasi. "Ini tidak efektif dan kami permudah dengan online check in. Karena kalau kita bisa mempercepat antrean seperti ini, maka akan bertambah waktu bagi wisatawan untuk melakukan aktivitas di bandara seperti makan, belanja, ngopi yang berarti revenue buat kami,” katanya di acara diskusi ‘Digitalizing Wonderfull Indonesia’, teknologi untuk meningkatkan pariwisata Indonesia, di Jakarta, Kamis (14/12).
Pariwisata digital perlu pelayanan dan edukasi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak wisatawan atau traveler yang ingin kepraktisan dalam beranjangsana. Termasuk saat berada di bandara. Untuk itu, PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai pengelola 13 bandara berupaya merealisasikan hal tersebut. Maklum, bandara merupakan pintu masuk pertama menuju Indonesia, terutama bagi turis asing. Muhammad Awaluddin, Direktur Utama AP II menyatakan dirinya telah mendigitalisasikan layanan pada sebagian besar bandara yang dikelolanya. Sebab ada sebagian besar traveler yang tidak mau dilayani tapi justru secara mandiri. Terutama yang cukup membawa ransel yang merasa tidak perlu ikut antri dengan yang membawa bagasi. "Ini tidak efektif dan kami permudah dengan online check in. Karena kalau kita bisa mempercepat antrean seperti ini, maka akan bertambah waktu bagi wisatawan untuk melakukan aktivitas di bandara seperti makan, belanja, ngopi yang berarti revenue buat kami,” katanya di acara diskusi ‘Digitalizing Wonderfull Indonesia’, teknologi untuk meningkatkan pariwisata Indonesia, di Jakarta, Kamis (14/12).