JAKARTA. Partisipasi perempuan di ranah digital masih rendah dibanding laki-laki. Padahal, 60% penggerak UKM adalah perempuan. Meski begitu, data yang dihimpun oleh Elevenia, platform marketplace menyebut, partisipasi mereka dalam perdagangan digital masih sekitar 23% dari total penjual online yang tersebar di beberapa marketplace. Partisipasi rendah ini dapat jadi peluang bagi perempuan yang ingin berkiprah di industri digital ataupun bagi para pelaku startup yang bergerak di industri ritel dan marketplace. Sebab, penetrasi internet masih 50% dari jumlah populasi penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa itu. Potensi itu membuat Elevenia memberi berbagai stimulus agar jumlah penjual meningkat. "Seperti menyediakan foto produk gratis untuk para seller, sehingga mereka mudah kalau mau menjual produknya," kata Lila Nirmandari, Chief Finance Officer (CFO) Elevenia (26/4).
Partisipasi perempuan jualan online rendah
JAKARTA. Partisipasi perempuan di ranah digital masih rendah dibanding laki-laki. Padahal, 60% penggerak UKM adalah perempuan. Meski begitu, data yang dihimpun oleh Elevenia, platform marketplace menyebut, partisipasi mereka dalam perdagangan digital masih sekitar 23% dari total penjual online yang tersebar di beberapa marketplace. Partisipasi rendah ini dapat jadi peluang bagi perempuan yang ingin berkiprah di industri digital ataupun bagi para pelaku startup yang bergerak di industri ritel dan marketplace. Sebab, penetrasi internet masih 50% dari jumlah populasi penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa itu. Potensi itu membuat Elevenia memberi berbagai stimulus agar jumlah penjual meningkat. "Seperti menyediakan foto produk gratis untuk para seller, sehingga mereka mudah kalau mau menjual produknya," kata Lila Nirmandari, Chief Finance Officer (CFO) Elevenia (26/4).