JAKARTA. Perlambatan ekonomi China yang belum juga pulih, berdampak pada strategi pemasaran PT Toba Bara Sejahtra Tbk. Perusahaan yang dirintis oleh Luhut Binsar Pandjaitan tersebut pilih mengalihkan pasar ekspor utama dari China ke Korea Selatan. Perlu diketahui, pasar ekspor adalah sumber pendapatan utama Toba Bara. Menurut laporan keuangan kuartal I-2016, penjualan ekspor tercatat US$ 63,03 juta atau berkontribusi 99,15% terhadap total penjualan US$ 63,57 juta. Toba Bara juga akan meningkatkan efisiensi biaya dan mempertahankan komposisi pembeli. Komposisi pembeli saat ini yakni 70% end users dan 30% trader.
Pasar China lesu, Toba Bara beralih ke Korea
JAKARTA. Perlambatan ekonomi China yang belum juga pulih, berdampak pada strategi pemasaran PT Toba Bara Sejahtra Tbk. Perusahaan yang dirintis oleh Luhut Binsar Pandjaitan tersebut pilih mengalihkan pasar ekspor utama dari China ke Korea Selatan. Perlu diketahui, pasar ekspor adalah sumber pendapatan utama Toba Bara. Menurut laporan keuangan kuartal I-2016, penjualan ekspor tercatat US$ 63,03 juta atau berkontribusi 99,15% terhadap total penjualan US$ 63,57 juta. Toba Bara juga akan meningkatkan efisiensi biaya dan mempertahankan komposisi pembeli. Komposisi pembeli saat ini yakni 70% end users dan 30% trader.