NEW YORK. Pasar minuman berkarbonasi mulai meredup. Di Amerika Serikat (AS) semisal, selama 13 tahun terakhir, warga AS perlahan tapi pasti terus mengurangi konsumsi minuman bersoda. Secara global, pertumbuhan penjualan minuman bersoda melambat, di tengah kekhawatiran konsumen terhadap asupan gula dan potensi obesitas. Tahun lalu, total penjualan minuman bersoda menurun 3% menjadi 8,9 juta botol. Menurut Beverages Digest, ini penurunan selama sembilan tahun berturut-turut. dan terendah sejak tahun 1995. Penjualan minuman soda di 2012 turun 1,2% dan pada 2011 menyusut 1%. Pemain yang paling terpukul dengan prospek buram industri minuman bersoda adalah Coca-Cola Company. Maklumlah, hampir 75% penjualan global Coca-Cola berasal dari volume penjualan minuman berkarbonasi. "Minuman bersoda bukanlah masa depan dunia. Ada persoalan eksistensial," ungkap Tom Pirko, konsultan industri Bevmark LLC, seperti dikutip Wall Street Journal, Rabu (9/4) lalu.
Pasar minuman bersoda terus menyusut
NEW YORK. Pasar minuman berkarbonasi mulai meredup. Di Amerika Serikat (AS) semisal, selama 13 tahun terakhir, warga AS perlahan tapi pasti terus mengurangi konsumsi minuman bersoda. Secara global, pertumbuhan penjualan minuman bersoda melambat, di tengah kekhawatiran konsumen terhadap asupan gula dan potensi obesitas. Tahun lalu, total penjualan minuman bersoda menurun 3% menjadi 8,9 juta botol. Menurut Beverages Digest, ini penurunan selama sembilan tahun berturut-turut. dan terendah sejak tahun 1995. Penjualan minuman soda di 2012 turun 1,2% dan pada 2011 menyusut 1%. Pemain yang paling terpukul dengan prospek buram industri minuman bersoda adalah Coca-Cola Company. Maklumlah, hampir 75% penjualan global Coca-Cola berasal dari volume penjualan minuman berkarbonasi. "Minuman bersoda bukanlah masa depan dunia. Ada persoalan eksistensial," ungkap Tom Pirko, konsultan industri Bevmark LLC, seperti dikutip Wall Street Journal, Rabu (9/4) lalu.