JAKARTA. Betapa besar pasar minuman di Indonesia yang memiliki penduduk sekitar 240 juta orang ini. Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) memproyeksikan, nilai penjualan minuman nasional tahun ini bakal mencapai Rp 180 triliun hingga Rp 200 triliun. Bila dibanding dengan penjualan tahun lalu, angka ini naik 10%-15%. Adhi S. Lukman, Ketua Gapmmi mengatakan, penjualan minuman ringan menguasai sekitar 60% dari total penjualan minuman nasional. Naiknya pertumbuhan minuman ringan, salah satunya terpicu oleh gaya hidup anak muda yang doyan berkumpul sambil menikmati minuman. Selain itu, "Masyarakat ingin serba instan. Dulu masih banyak orang bawa minum dari rumah, sekarang tren itu hilang. Orang beli yang ada di dekatnya, enggak repot lagi," ujar Adhi kepada KONTAN, Rabu (12/10).
Pasar minuman cola semakin segar
JAKARTA. Betapa besar pasar minuman di Indonesia yang memiliki penduduk sekitar 240 juta orang ini. Gabungan Asosiasi Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) memproyeksikan, nilai penjualan minuman nasional tahun ini bakal mencapai Rp 180 triliun hingga Rp 200 triliun. Bila dibanding dengan penjualan tahun lalu, angka ini naik 10%-15%. Adhi S. Lukman, Ketua Gapmmi mengatakan, penjualan minuman ringan menguasai sekitar 60% dari total penjualan minuman nasional. Naiknya pertumbuhan minuman ringan, salah satunya terpicu oleh gaya hidup anak muda yang doyan berkumpul sambil menikmati minuman. Selain itu, "Masyarakat ingin serba instan. Dulu masih banyak orang bawa minum dari rumah, sekarang tren itu hilang. Orang beli yang ada di dekatnya, enggak repot lagi," ujar Adhi kepada KONTAN, Rabu (12/10).