JAKARTA. Pasar Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia masih memberikan keuntungan yang memukau bagi sejumlah produsen mobil. Hal ini terbukti dari tingginya penjualan produk SUV yang dirilis sejumlah perusahaan otomotif. Rio Sanggau, Domestic Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor mengakui, pasar SUV di sepanjang tahun ini memberikan hasil yang positif. "Pasar SUV, khususnya yang di bawah Rp 200 juta per unit ini masih sangat baik. Karena level psikologis, harga di bawah Rp 200 juta itu masih terjangkau," ujar Rio pada KONTAN, Rabu (5/3).Hal ini tercermin dari catatan penjualan SUV Daihatsu dengan jenis Terios. Sepanjang Januari 2014, pihaknya berhasil menjual 1.875 unit Terios atau bertumbuh 17,18% dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar 1.600 unit. Ia mengatakan setiap bulannya, rata-rata Daihatsu menjual 2.000 unit Terios.Optimisme serupa juga diungkapkan oleh pabrikan mobil Mitsubishi. Duljatmono, Operating General Manager MMC Marketing Division Krama Yudha Tiga Berlian Motor, mengatakan bahwa pasar SUV masih stabil dan baik. "Pertumbuhan ekonomi yang positif serta tren penjualan SUV yang terus menanjak jadi faktor pendukung," ujar Duljatmono pada KONTAN, Rabu (5/3).Sepanjang 2013, pihaknya mencatat penjualan SUV sebesar 18.744 unit. Catatan itu diperoleh dari penjualan Pajero Sport sebanyak 13.468 unit dan Outlander Sport 5.276 unit. Untuk target tahun ini, pihaknya masih menunggu untuk dikemukakan pada public expose Jumat (7/3) ini.Sampai dengan Februari, total SUV yang dijual Mitsubishi adalah sebanyak 3.125 unit. Catatan itu disumbangkan oleh Pajero Sport sebanyak 2.400 unit dan outlander sport sebanyak 725 unit.Duljatmono mengatakan bahwa pihaknya akan mempertahankan status pemimpin pasar di kelas SUV 4X4. "Kami akan pergunakan status/brand image Pajero Sport sebagai legenda lomba Rally Paris Dakkar. Karakternya yang kuat, sporty, macho, nyaman dan aman jadi image Pajero," ujarnya. Sebagai salah satu strateginya, Mitsubishi akan melakukan event-event marketing dengan pengguna Mitsubishi seperti Test-Drive dan pameran, untuk menjaga komunikasi dan relasi dengan konsumen.
Pasar mobil SUV tanah air masih positif
JAKARTA. Pasar Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia masih memberikan keuntungan yang memukau bagi sejumlah produsen mobil. Hal ini terbukti dari tingginya penjualan produk SUV yang dirilis sejumlah perusahaan otomotif. Rio Sanggau, Domestic Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor mengakui, pasar SUV di sepanjang tahun ini memberikan hasil yang positif. "Pasar SUV, khususnya yang di bawah Rp 200 juta per unit ini masih sangat baik. Karena level psikologis, harga di bawah Rp 200 juta itu masih terjangkau," ujar Rio pada KONTAN, Rabu (5/3).Hal ini tercermin dari catatan penjualan SUV Daihatsu dengan jenis Terios. Sepanjang Januari 2014, pihaknya berhasil menjual 1.875 unit Terios atau bertumbuh 17,18% dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar 1.600 unit. Ia mengatakan setiap bulannya, rata-rata Daihatsu menjual 2.000 unit Terios.Optimisme serupa juga diungkapkan oleh pabrikan mobil Mitsubishi. Duljatmono, Operating General Manager MMC Marketing Division Krama Yudha Tiga Berlian Motor, mengatakan bahwa pasar SUV masih stabil dan baik. "Pertumbuhan ekonomi yang positif serta tren penjualan SUV yang terus menanjak jadi faktor pendukung," ujar Duljatmono pada KONTAN, Rabu (5/3).Sepanjang 2013, pihaknya mencatat penjualan SUV sebesar 18.744 unit. Catatan itu diperoleh dari penjualan Pajero Sport sebanyak 13.468 unit dan Outlander Sport 5.276 unit. Untuk target tahun ini, pihaknya masih menunggu untuk dikemukakan pada public expose Jumat (7/3) ini.Sampai dengan Februari, total SUV yang dijual Mitsubishi adalah sebanyak 3.125 unit. Catatan itu disumbangkan oleh Pajero Sport sebanyak 2.400 unit dan outlander sport sebanyak 725 unit.Duljatmono mengatakan bahwa pihaknya akan mempertahankan status pemimpin pasar di kelas SUV 4X4. "Kami akan pergunakan status/brand image Pajero Sport sebagai legenda lomba Rally Paris Dakkar. Karakternya yang kuat, sporty, macho, nyaman dan aman jadi image Pajero," ujarnya. Sebagai salah satu strateginya, Mitsubishi akan melakukan event-event marketing dengan pengguna Mitsubishi seperti Test-Drive dan pameran, untuk menjaga komunikasi dan relasi dengan konsumen.