PARIS. Pasar mobil di Eropa terus terpuruk di awal kuartal pertama 2012 akibat terguncang krisis keuangan. Penilaian ini diperoleh dari data yang terekam oleh Asosiasi Industri Otomotif Prancis (CCFA). Penjualan produk otomotif di Prancis anjlok hingga 22% menjadi 233.526 unit sedangkan Spanyol lebih moderat karena hanya terkoreksi 4,5% menjadi 84.427 unit. CCFA merinci, penjualan mobil penumpang (
passenger car) Prancis hanya mencapai 197.033 unit atau amblas hingga 23,5%. Kemudian kendaraan niaga (
commercial vehicle) mundur 12,2% jadi 36.493 unit.
Asosiasi Industri Otomotif Spanyol (ANFAC) menyatakan, penjualan mobil hingga akhir Maret sudah berkurang 1,9% menjadi 204.119 unit. Secara keseluruhan, total pasar mobil Eropa akan turun 5% karena gangguan stabilitas ekonomi. Pasalnya pabrik mobil di Benua Biru juga masih bergelut dengan kondisi kapasitas pabrik yang banyak menganggur sekitar 20%. Patrick Blain, Presiden CCFA menghitung, total penurunan pasar otomotif di Prancis tahun ini diprediksi mencapai 8%-10%. "Angka hari ini masih valid. Bahkan penurunan yang terjadi di kuartal pertama sudah kami hitung sebelumnya," ungkap Blain. Insentif Prancis PSA/Peugeot-Citroen, Renault dan Fiat mencatatkan hasil buruk di karena Pemerintah Prancis menghentikan insentif tukar-tambah pembelian mobil baru sejak Maret 2011. Hasilnya, PSA mencatatkan penurunan cukup dalam yakni 33%menjadi 59.290, Renault juga menukik 30% ke 42.908 unit. Sedangkan Fiat lebih apes karena bisnisnya tenggelam hampir 41% ke 4.588 unit.
"Penurunan ini cukup spektakuler tapi memang sudah diprediksi. Kami rasa penurunan terparah pada tahun ini sudah terjadi pada kuartal pertama," komentar Flavien Neuvy, Kepala Pemberian Kredit Otomotif dari Cetelem. Direktur Kendaraan Niaga Renault (Prancis) Bernard Cambier mengklaim, sejatinya permintaan sudah mulai kembali membaik pada Maret, naik 6% setelah sebelumnya berkurang 8% pada Februari dan 9% pada Januari. "Secara keseluruhan pasar otomotif memang turun. Namun, secara garis besar kami masih yakin penurunan akan terbatas di level 10% 2012 ini," harap Cambier. Selain tiga merek di atas, VW menjadi merek Eropa dengan penurunan paling kecil cuma 11,9% menjadi 26.879 unit. Basis keuangan perusahaan yang kuat, masih membuat VW bisa menawarkan paket-paket menarik untuk menjual Polo. BMW justru menjadi merek yang mencatatkan penjualan positif karena berhasil melonjak 29% menjadi 4.745 unit. (Agung Kurniawan | Bastian/
Kompas.com)
Editor: