Pertumbuhan pasar motor skuter matik alias skutik di Tanah Air memang menggiurkan. Tak cuma produsen motor yang mengeruk untung. Produsen oli pelumas pun turut mencicipi kue pasar skutik nan gurih. Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor skutik pada tahun 2010 meningkat hingga 52% dari tahun 2009. Bahkan, sepanjang kuartal pertama tahun ini, pangsa pasar motor skutik telah mencapai 50,17% dari total penjualan motor. Persentase ini mengungguli pangsa pasar motor bebek yang melorot menjadi sekitar 41,64%. Produsen oli pelumas jelas menikmati perkembangan tersebut. Karena itu pula, Shell Indonesia tak mau sekadar menjadi penonton. Produsen asal Belanda ini pun meluncurkan produk oli pelumas khusus motor matik.
Meski terbilang terlambat dibanding kompetitor lain, Shell akhirnya meluncurkan Shell Advance AX7 Scooter pada awal pekan lalu.Vanda Laura,
Brand & Communications Marketing Manager Lubricant Shell Indonesia mengakui, Shell Indonesia baru meluncurkan produk pelumas motor skutik karena selama ini masih memprioritaskan pelumas untuk motor 4 tak. Meski terlambat, Vanda optimistis, produk baru tersebut bakal diterima pasar. Hasil riset Shell, respon konsumen cukup positif terhadap produk tersebut. "Kami yakin bisa mencuil dan mengambil pasar pelumas skutik," ujar Vanda. Menurut Vanda, kehadiran produk baru tersebut diharapkan turut mendongkrak pertumbuhan penjualan pelumas Shell. Tahun lalu, Shell Indonesia mencatat peningkatan penjualan pelumas sepeda motor sebesar 15%. "Tahun ini, kami ingin di atas angka tersebut," kata Vanda. Semua penjualan naik Meski pemain bertambah, pasar pelumas khusus untuk motor skutik tetap prospektif. Pasalnya, pasar motor skutik diperkirakan akan tetap semakin meningkat pada tahun ini. Augustine Adrianto, Manajer Pemasaran Oli Roda Dua Castrol Indonesia, mengakui hal itu. Menurut dia, propek pasar pelumas motor skutik sangat bagus. Selama ini penjualan pelumas motor skutik meningkat pesat.
Di pasar pelumas skutik, Castrol Indonesia masih mengandalkan produk Castrol Power 1 Scooter. Sayang, Augustine enggan membeberkan berapa total penjualan produk tersebut. Yang jelas, penjualan pelumas matik produksi Castrol tersebut meningkat sebesar 40% pada akhir tahun 2010 lalu. "Kami menargetkan penjualan tahun ini bisa meningkat pada angka yang sama," ujar Augustine. Pertumbuhan penjualan pelumas motor skutik juga dialami produsen pelumas Evalube. Di pasar pelumas skutik, Evalube mengandalkan Evalube Scootic. Ivan Rastianto, Marketing Manager Wiraswasta Gemilang Indoneisa, mengungkapkan, penjualan Evalube Scotic pada tahun 2010 lalu meningkat sebesar 20% dibanding tahun sebelumnya. "Tahun ini, kami menargetkan penjualan meningkat 20% juga,' ujar Ivan. Pemain lain di pasar ini adalah PT Topindo Atlas Asia, distributor pelumas Top yang mengandalkan Top 1 Action Matic.
Brand Avtivation Coodinator Top 1, Akmeilani mengklaim, Top 1 menguasai 20% pangsa pasar pelumas skutik di Indonesia. Menurut Akmeilani, pasar pelumas skutik akan terus meningkat seiring dengan kian pesatnya pertumbuhan pasar motor skutik. "Kami menargetkan bisa menjual lebih banyak dan menguasai pasar lebih besar lagi," ujar Akmeilani. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Test Test