Pengguna media sosial dan internet yang terus bertumbuh mendukung pertumbuhan industri e-commerce di dalam negeri. Meski kontribusinya masih di bawah 1% dari total transaksi penjualan ritel, namun potensinya masih besar. Pertumbuhan transaksi pelaku e-commerce bisa mencapai triple digit di tahun ini. Investor asing pun masih akan gencar menyasar pasar lokal. Bisnis e-commerce di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Para pelaku e-commerce optimistis kontribusi transaksi di industri ini akan makin meningkat di tahun depan. David Alexander, Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEa) mengatakan, tahun 2015 sampai 2018 merupakan tahun take off bagi industri e-commerce. Sebagai catatan, saat ini sudah ada 185 pelaku bisnis e-commerce yang bergabung dengan idEa. Jumlah ini tumbuh pesat dari hanya sepuluh anggota pada sepuluh tahun silam.
Pasar potensial, e-commerce lokal terus tumbuh (1)
Pengguna media sosial dan internet yang terus bertumbuh mendukung pertumbuhan industri e-commerce di dalam negeri. Meski kontribusinya masih di bawah 1% dari total transaksi penjualan ritel, namun potensinya masih besar. Pertumbuhan transaksi pelaku e-commerce bisa mencapai triple digit di tahun ini. Investor asing pun masih akan gencar menyasar pasar lokal. Bisnis e-commerce di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Para pelaku e-commerce optimistis kontribusi transaksi di industri ini akan makin meningkat di tahun depan. David Alexander, Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEa) mengatakan, tahun 2015 sampai 2018 merupakan tahun take off bagi industri e-commerce. Sebagai catatan, saat ini sudah ada 185 pelaku bisnis e-commerce yang bergabung dengan idEa. Jumlah ini tumbuh pesat dari hanya sepuluh anggota pada sepuluh tahun silam.