JAKARTA. Pasar mobil segmen sport utility vehicle (SUV) memang tak sebesar pasar mobil segmen multi purpose vehicle (MPV). Namun, pabrikan mobil terus berlomba mengisi pasar ini karena pasar segmen ini relatif lebih stabil ketimbang segmen lain. Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto bilang, kendati ada fluktuasi penjualan mobil, tapi penjualan mobil jenis ini lebih stabil. "Sekalipun ada penurunan pertumbuhan, hal itu tidak terlalu signifikan. Jika pasar mobil nasional naik atau turun 10%, fluktuasi mobil SUV hanya 5% hingga 10%," katanya, Selasa (3/9).Makanya, pabrikan otomotif yang bermain di segmen ini terus berinovasi. Yang terbaru, PT Toyota Astra Motor (TAM) yang meluncurkan mobil di kelas SUV yaitu New Toyota Fortuner TRD Sportibo Ver3. Meski ada inovasi, namun selisih harga New Toyota Fortuner dengan Fortuner lama hanya sekitar Rp 700.000 hingga Rp 4,8 juta.Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo bilang, dengan New Toyota Fortuner membuat Toyota semakin mantap bermain di pasar SUV di Indonesia. Ia meyakini, Fortuner terbaru yang hadir dengan bahan bakar bensin dan diesel ini akan semakin dilirik pasar. "Kami yakin bisa bersaing di segmen ini, karena Fortuner adalah real SUV. Modelnya juga lengkap dibanding mobil di kelasnya," ujar Rahmat.Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan bilang, sejak tahun 2010, Toyota Fortuner menjadi salah satu andalan ekspor Toyota dari Indonesia. Selain desainnya yang gagah, menurut Johnny, Fortuner adalah mobil yang bisa digunakan untuk kondisi jalan daruat. Merujuk data Gaikindo, pada Juli 2013 TAM berhasil menjual 1.552 unit Toyota Fortuner. Selama Januari hingga Juli 2013, TAM telah menjual 11.870 unit Fortuner.Dengan peluncuran New Toyota Fortuner ini, TAM berharap penjualan Fortuner bisa terdongkrak. Rahmat bilang, hingga akhir 2013, perusahaan menargetkan penjualan Fortuner bisa mencapai 20.000 unit. "Target penjualan per bulan sekitar 2.000 unit. Untuk market share di pasar SUV, kami harap Toyota bisa menguasai pasar di atas 30%," jelasnya.Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Pasar Stabil, Toyota Luncurkan New Fortuner
JAKARTA. Pasar mobil segmen sport utility vehicle (SUV) memang tak sebesar pasar mobil segmen multi purpose vehicle (MPV). Namun, pabrikan mobil terus berlomba mengisi pasar ini karena pasar segmen ini relatif lebih stabil ketimbang segmen lain. Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto bilang, kendati ada fluktuasi penjualan mobil, tapi penjualan mobil jenis ini lebih stabil. "Sekalipun ada penurunan pertumbuhan, hal itu tidak terlalu signifikan. Jika pasar mobil nasional naik atau turun 10%, fluktuasi mobil SUV hanya 5% hingga 10%," katanya, Selasa (3/9).Makanya, pabrikan otomotif yang bermain di segmen ini terus berinovasi. Yang terbaru, PT Toyota Astra Motor (TAM) yang meluncurkan mobil di kelas SUV yaitu New Toyota Fortuner TRD Sportibo Ver3. Meski ada inovasi, namun selisih harga New Toyota Fortuner dengan Fortuner lama hanya sekitar Rp 700.000 hingga Rp 4,8 juta.Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo bilang, dengan New Toyota Fortuner membuat Toyota semakin mantap bermain di pasar SUV di Indonesia. Ia meyakini, Fortuner terbaru yang hadir dengan bahan bakar bensin dan diesel ini akan semakin dilirik pasar. "Kami yakin bisa bersaing di segmen ini, karena Fortuner adalah real SUV. Modelnya juga lengkap dibanding mobil di kelasnya," ujar Rahmat.Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan bilang, sejak tahun 2010, Toyota Fortuner menjadi salah satu andalan ekspor Toyota dari Indonesia. Selain desainnya yang gagah, menurut Johnny, Fortuner adalah mobil yang bisa digunakan untuk kondisi jalan daruat. Merujuk data Gaikindo, pada Juli 2013 TAM berhasil menjual 1.552 unit Toyota Fortuner. Selama Januari hingga Juli 2013, TAM telah menjual 11.870 unit Fortuner.Dengan peluncuran New Toyota Fortuner ini, TAM berharap penjualan Fortuner bisa terdongkrak. Rahmat bilang, hingga akhir 2013, perusahaan menargetkan penjualan Fortuner bisa mencapai 20.000 unit. "Target penjualan per bulan sekitar 2.000 unit. Untuk market share di pasar SUV, kami harap Toyota bisa menguasai pasar di atas 30%," jelasnya.Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News