KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja keuangan PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) dalam tiga bulan pertama tahun ini menyusut. Pendapatan usaha produsen keramik itu berkurang 22,36% year on year (yoy) menjadi Rp 64,84 miliar. Menurut Cahayaputra, pendapatan kuartal I 2020 turun karena sekitar 80% pembeli produk adalah segmen ritel. Pasar tersebut lebih rentan terdampak banjir awal tahun dan pandemi Covid-19. Apalagi lalu muncul kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah. Sementara selama ini pelanggan ritel biasa membeli produk dengan cara mendatangi langsung toko-toko bangunan. Selain mobilitas yang terbatas karena PSBB, keputusan pembelian produk oleh pelanggan ritel dalam kondisi sulit saat ini juga mempertimbangkan prioritas kebutuhan. Manajemen Cahayaputra sadar, belanja keramik bukan kebutuhan pokok.
Pasar utama CAKK rentan banjir dan Covid-19
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja keuangan PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) dalam tiga bulan pertama tahun ini menyusut. Pendapatan usaha produsen keramik itu berkurang 22,36% year on year (yoy) menjadi Rp 64,84 miliar. Menurut Cahayaputra, pendapatan kuartal I 2020 turun karena sekitar 80% pembeli produk adalah segmen ritel. Pasar tersebut lebih rentan terdampak banjir awal tahun dan pandemi Covid-19. Apalagi lalu muncul kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah. Sementara selama ini pelanggan ritel biasa membeli produk dengan cara mendatangi langsung toko-toko bangunan. Selain mobilitas yang terbatas karena PSBB, keputusan pembelian produk oleh pelanggan ritel dalam kondisi sulit saat ini juga mempertimbangkan prioritas kebutuhan. Manajemen Cahayaputra sadar, belanja keramik bukan kebutuhan pokok.