Pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines yang jatuh, Ahad (10/3) lalu, membawa dampak ke dunia penerbangan internasional. Sejumlah negara termasuk Indonesia melarang sementara pesawat Boeing 737 MAX 8 terbang di wilayah udara mereka, demi keselamatan penerbangan. Maklum, sebelumnya, Oktober 2018 lalu, kapal terbang serupa milik Lion Air juga jatuh, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Nah, pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET 302 juga jatuh enggak lama pasca-bertolak dari Bandara Bole, Addis Ababa. Meski masih menjadi moda transportasi teraman di dunia, dua kejadian itu bukan tidak mungkin membuat banyak orang berpikir ulang untuk naik pesawat. Memang, belum tentu berkorelasi, tapi jumlah penumpang pesawat rute domestik kita selama November 2018 turun dibanding Oktober 2018.
Pasasir pesawat
Pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines yang jatuh, Ahad (10/3) lalu, membawa dampak ke dunia penerbangan internasional. Sejumlah negara termasuk Indonesia melarang sementara pesawat Boeing 737 MAX 8 terbang di wilayah udara mereka, demi keselamatan penerbangan. Maklum, sebelumnya, Oktober 2018 lalu, kapal terbang serupa milik Lion Air juga jatuh, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Nah, pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan ET 302 juga jatuh enggak lama pasca-bertolak dari Bandara Bole, Addis Ababa. Meski masih menjadi moda transportasi teraman di dunia, dua kejadian itu bukan tidak mungkin membuat banyak orang berpikir ulang untuk naik pesawat. Memang, belum tentu berkorelasi, tapi jumlah penumpang pesawat rute domestik kita selama November 2018 turun dibanding Oktober 2018.