KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Frekuensi belanja masyarakat tampak meningkat pada Oktober 2022. Data Mandiri Spending Index (MSI) menunjukkan, indeks frekuensi belanja per 30 Oktober 2022 sebesar 157,9 atau naik dari 157,5 pada bulan sebelumnya. Namun, meski frekuensi belanja meningkat, tetapi rupanya nilai belanja masyarakat terpantau menurun. Pada periode sama, indeks nilai berbelanja masyarakat tercatat 126,5 atau turun dari 128,3 pada akhir bulan sebelumnya. Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono mengatakan, fenomena ini disebut dengan better value spending. Atau bila menggunakan bahasa sehari-hari, kondisi ini menunjukkan masih ada aktivitas berbelanja masyarakat, tetapi masyarakat lebih memilih untuk barang dengan harga lebih ekonomis.
Pasca Kenaikan Harga BBM, Masyarakat Lebih Cenderung Belanja Barang Murah
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Frekuensi belanja masyarakat tampak meningkat pada Oktober 2022. Data Mandiri Spending Index (MSI) menunjukkan, indeks frekuensi belanja per 30 Oktober 2022 sebesar 157,9 atau naik dari 157,5 pada bulan sebelumnya. Namun, meski frekuensi belanja meningkat, tetapi rupanya nilai belanja masyarakat terpantau menurun. Pada periode sama, indeks nilai berbelanja masyarakat tercatat 126,5 atau turun dari 128,3 pada akhir bulan sebelumnya. Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono mengatakan, fenomena ini disebut dengan better value spending. Atau bila menggunakan bahasa sehari-hari, kondisi ini menunjukkan masih ada aktivitas berbelanja masyarakat, tetapi masyarakat lebih memilih untuk barang dengan harga lebih ekonomis.