Patut Waspada, Begini Gejala Gagal Ginjal yang Perlu Anda Ketahui



MOMSMONEY.ID - Gagal ginjal adalah kondisi medis serius di mana ginjal kehilangan kemampuannya untuk memfiltrasi limbah dan kelebihan cairan dari darah. Mengenali gejala gagal ginjal sedini mungkin adalah kunci untuk mencegah kerusakan ginjal yang lebih parah.

Bersumber dari Healthline, berikut adalah beberapa gejala gagal ginjal yang perlu Anda ketahui dan patut diwaspadai:

1. Masalah buang air kecil


Ginjal Anda memiliki sekitar 1 juta nefron yang bertugas menyaring racun dan kelebihan cairan dari darah. Saat ginjal sehat, semua limbah ini dikeluarkan melalui urin.

Namun, penyakit ginjal dapat merusak nefron ini, membuatnya lebih sulit untuk bekerja dengan baik. Dalam kondisi Penyakit Ginjal Kronis (PGK), Anda akan buang air kecil lebih sering dan biasanya terjadi pada malam hari.

Urin Anda juga menjadi lebih gelap, ada darah, atau terlihat berbusa. Jika gagal ginjal sudah di tahap yang parah, Anda bisa jadi menghasilkan sedikit urin atau bahkan tidak sama sekali.

Baca Juga: Coba Konsumsi Minuman untuk Menurunkan Gula Darah Berikut Ini, Ada 6 Pilihan

2. Edema (pembengkakan)

Ketika ginjal tidak bisa menyaring cairan dengan baik, cairan ini bisa menumpuk dan menyebabkan pembengkakan pada kaki, perut, dan bagian tubuh lainnya.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan edema paru, di mana cairan menumpuk di paru-paru Anda. Pembengkakan ini sering terkait dengan sindrom nefrotik, yang terjadi ketika kerusakan nefron membuat protein seperti albumin bocor ke dalam urin.

3. Sesak napas

Penderita gagal ginjal yang mengalami penumpukan cairan dan edema paru mungkin akan kesulitan bernapas. Penelitian juga menunjukkan bahwa gagal ginjal bisa memicu gagal jantung yang memperburuk kondisi ini.

Baca Juga: Coba Konsumsi Minuman untuk Menurunkan Gula Darah Berikut Ini, Ada 6 Pilihan

4. Kelelahan

Kelelahan bisa muncul sebagai gejala awal PGK dan menjadi lebih buruk seiring perkembangan kondisi menjadi gagal ginjal. Meskipun banyak hal bisa menyebabkan kelelahan, penumpukan racun dan limbah dalam darah dari penyakit ginjal sering dianggap sebagai penyebab utamanya.

5. Gejala terkait pencernaan

Gagal ginjal bisa menyebabkan tumpukan limbah, elektrolit, dan cairan dalam tubuh, yang menimbulkan gejala seperti mual, muntah, dan hilangnya nafsu makan.

Baca Juga: Minuman Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Cek Ada Apa Saja

6. Gejala terkait neurologis

Gagal ginjal dapat mempengaruhi kemampuan otak dalam mengatur emosi dan impuls. Uremia, kondisi yang dihasilkan dari gagal ginjal, bisa menyebabkan ensefalopati uremik, yang dicirikan dengan kebingungan, delirium, kejang, bahkan koma.

7. Kram otot

Ketidakseimbangan elektrolit dari gagal ginjal bisa mengganggu sistem saraf, mengacaukan komunikasi antar sel saraf dan sering menyebabkan kram otot.

Itulah beberapa gejala gagal ginjal yang perlu Anda ketahui dan patut diwaspadai. Mengenali tanda-tanda ini sangat penting untuk diagnosis dan penanganan dini gagal ginjal, yang dapat mengurangi risiko komplikasi yang lebih serius. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas