Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal, Begini Prosesi Pemakamannya



MOMSMONEY.ID - Pada penutupan tahun 2022, umat Katolik seluruh dunia berduka. Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia pada usia 95 tahun. Bagaimana prosesi pemakaman Paus Benediktus yang mengundurkan diri dari jabatannya tersebut? 

Paus Benediktus mendapatkan gelar Emeritus saat dia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin umat Katolik dunia pada tahun 2013. Untuk itu, Emeritus adalah gelar kehormatan bagi Paus yang mengundurkan diri. 

Melansir Kompas, saat ini jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI yang telah meninggal dunia tengah di semayamkan di Basilika Santo Petrus. Jenazah Paus Emeritus Benedictus di semayamkan di Basilikan Santo Petrus selama tiga hari, mulai Senin, 2 Januari 2023. 


Baca Juga: Dapatkan Promo PegiPegi #AntiBoros dengan Harga Termurah Hotel dan Tiket Pesawat

Kemudian Paus Emeritus Benediktus XVI akan dimakamkan pada Kamis, 5 Januari 2023. Prosesi pemakaman eks Paus Benediktus akan dipimpin oleh Paus Fransiskus. Paus Benediktus XVI yang meninggal dunia ini akan dimakamkan di Gua Basilika Santo Petrus.

Nama asli Paus Emeritus Benediktus XVI adalah Joseph Aloisius Ratzinger. Paus asal Jerman tersebut meninggal dunia di biara Mater Ecclesiae di dalam taman Vatikan. Lokasi tersebut adalah tempat tinggal Paus Benediktus XVI dalam satu dekade terakhir. 

Melansir Washington Post, Juru Bicara Vatikan Matteo Bruni mengatakan prosesi pemakaman eks Paus Benediktus XVI akan sederhana. Hanya ada dua delegasi formal yang ikut serta yaitu dari Italia dan Jerman. 

Berbeda dengan pemakaman Paus Yohanes Paulus II yang kala itu dilaksanakan selama 3 jam. Pemakaman Paus Yohanes Paulus II juga menjadi pemakaman yang paling banyak dihadiri dalam sejarah. 

Prosesi pemakaman bagi Paus Benediktus XVI akan menjadi sejarah baru bagi gereja Katolik. Saat ini aturan ritual pemakaman Paus telah jelas, namun untuk Paus yang mengundurkan diri belum ada. Sebab, Paus terakhir yang mengundurkan diri adalah Paus Gregorius XII di tahun 1415.

Apalagi Paus Gregorius saat itu mengambil jalan yang berbeda. Setelah mengundurkan diri, Paus Gregorius XII menggunakan nama asilnya Angelo dan tinggal jauh dari Vatikan. Sementara Paus Benediktus XVI tetap menggunakan nama Benediktus, masih mengenakan jubah dan tinggal di dalam Vatikan.

Seperti yang diketahui, ada juga perbedaan masa berkabung antara meninggalnya Paus Benediktus XVI dengan pendahulunya. Salah satunya lonceng di Santo Petrus Basilika tidak dibunyikan saat Paus Emeritus meninggal dunia.  Lonceng tersebut dibunyikan jika yang meninggal adalah Paus yang masih memegang jabatannya.

Baca Juga: Pantauan Arus Balik Terkini, Hingga 3 Januari 2023 Terjadi Penumpukan di Tol Cikunir

Paus Benediktus XVI juga tidak mengenakan jubah Paus saat disemayamkan untuk penghormatan terakhir bagi publik. Setelah Paus Benediktus XVI juga tidak akan ada ritual penghancuran cincin kepausan. Lantaran cincin Paus Benediktus XVI telah dipotong saat dia mengundurkan diri. 

Demikian informasi mengenai prosesi pemakaman Paus Emeritus Benediktus XVI yang telah meninggal dunia pada 31 Desember 2022 di Vatikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta