Jakarta. Salah satu momen yang ditunggu- tunggu bagi umat muslim yang berpuasa di bulan Ramadan adalah saat berbuka puasa! Ya. Setelah seharian menahan nafsu, lapar, dan haus, saat berbuka puasa menjadi waktu-waktu yang dinantikan. Biar lebih semarak, tidak ada salahnya sekali-kali berbuka puasa di luar rumah bersama anggota keluarga, teman, atau kolega.Kesempatan menggelar acara berbuka puasa bersama kian terbuka seiring berbagai program promosi yang digelar pebisnis kuliner. Di bulan yang penuh berkah ini, para pengelola restoran, kafe, dan gerai makan lainnya meracik aneka program spesial Ramadan.Bentuknya bermacam-macam, mulai dari tambahan menu istimewa hingga menawarkan potongan harga. Langkah ini dilakukan untuk menyambut tingginya tingkat kunjungan konsumen, terutama di waktu berbuka puasa, menjelang sore hingga malam hari.Program promosi kian gencar lantaran bank penerbit kartu kredit juga tidak mau ketinggalan momen. Catatan KONTAN, sejumlah bank mengadakan kerjasama khusus dengan pengelola restoran untuk menawarkan potongan harga.Bank Permata, misalnya menggelar program Permata Festival Ramadan. Lewat kerjasamanya dengan sejumlah restoran, seperti Sari Ratu, Radja Ketjil, Secret Recipe, dan Shabu Tei, pemilik kartu kredit dan debit terbitan Bank Permata bisa menikmati diskon harga antara 20% hingga 50%. Program itu sendiri berlangsung hingga 28 Juli 2014.Bank Mega juga tidak mau ketinggalan. Bank milik kelompok CT Corp itu menjalin kerjasama dengan puluhan restoran di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, dan Makassar.Para pemegang kartu kredit Bank Mega bisa menikmati diskon hingga 50% di restoranrestoran seperti Carlo de Huts di Mal Senayan City Jakarta, Banana Leaf Bistro di Surabaya, Saung Ikan Lembah di Bandung, Horapa di Semarang, Kakatua Cafe di Medan, dan Rumah Makan Apong di Makassar.Target omzet 30%Rata-rata pengelola restoran dan tempat makan menargetkan pertumbuhan omzet 20%–30% selama Ramadan tahun ini. Target ini terbilang realistis karena didasarkan pada hasil yang mereka cetak selama Ramadan di tahun-tahun sebelumnya.Selain itu, perhelatan Piala Dunia di Brasil yang bertepatan dengan Ramadan juga berpotensi memacu omzet para pebisnis kuliner. Asal saja, pengelola restoran pandai-pandai menggelar program guna menggaet pengunjung.Meski begitu, daya beli masyarakat yang belum membaik bisa menjadi hambatan pengelola restoran mencapai target omzet selama Ramadan. Antonius H. Wiharja, Marketing Manager Es Teller 77, mengakui, optimistis mencapai target kenaikan omzet sebesar 30% selama Ramadan tahun ini. Cuma, agar target itu bisa tercapai, strategi menjaga harga jual yang terjangkau harus menjadi prioritas. “Daya beli masyarakat memang masih ada, tetapi sedikit menurun,” ujar Antonius.Bagi Anda yang memiliki rencana menggelar buka puasa di luar rumah, beberapa tempat makan di bawah ini bisa menjadi pilihan. Di luar restoran yang KONTAN sebutkan, tentu masih banyak tempat yang bisa dituju. Berikut ulasan singkatnya.Restoran di hotelBagi konsumen, ini jelas saatnya berkesempatan memilih tempat dan hidangan berbuka puasa yang bervariasi. Jika Anda ingin berbuka puasa dalam suasana yang lebih wah, nyaman, dan eksklusif, restoran yang berada di hotel-hotel juga bisa menjadi pilihan.Para pengelola restoran berkelas ini, biasanya memang rutin menggelar program khusus Ramadan. Salah satunya The Harmony Restaurant yang berada di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta Pusat.Seperti tahun-tahun sebelumnya, The Harmony menggelar program khusus Ramadan yang bisa dinikmati oleh tamu hotel maupun pengunjung yang tidak menginap di sana. Bagi Anda yang bukan tamu hotel bisa da-tang langsung bersama kolega atau saudara untuk menikmati Breakfasting Buffet. Harganya tidak terlalu mahal untuk ukuran resto yang berada di hotel berbintang empat, yakni Rp 230.000 net per orang.Public Relation Manager Santika Premiere, Hesty Ning Tyas, menyebut, dalam sajian buffet berbuka puasa ini, para tamu sudah dapat menikmati aneka pilihan takjil serta aneka menu istimewa yang tersaji di traditional corner, Asian corner, dan Western corner. “Animo pengunjung cukup bagus. Kalau berkaca dari Ramadan sebelumnya, biasanya pengunjung yang bukan tamu hotel datang berkelompok untuk berbuka bersama,” ujar Hesty.Hotel lain yang juga menawarkan paket khusus untuk berbuka puasa selama bulan Ramadan adalah Hotel Kempinski Jakarta. Hotel yang berada di bawah jaringan Global Hotel Alliance tersebut menawarkan pelbagai aneka paket makanan berbuka puasa. Jika Anda hanya ingin menikmati aneka takjil bisa menyambangi Nirwana Lounge. Pengunjung bisa menikmati beragam makanan manis dan kue-kue khas indonesia, teh hangat, dan kolak dengan tarif Rp 145.000++ per orang.Jika menginginkan paket berbuka puasa yang lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi Signatures Restaurant. Tamu di sini bisa mencicipi aneka takjil, makanan manis, dan beragam makanan Indonesia ataupun barat. Paket yang tersedia dari 29 Juni hingga 27 Juli 2014 ini bisa didapat dengan harga Rp 318.000++ per orang.Khusus pada hari Lebaran, yaitu 28 dan 29 Juli 2014, hotel yang berlokasi di Jalan MH. Thamrin, Jakarta pusat ini juga menyediakan buffet ketupat di Signatures Restaurant. Paket khusus Idul Fitri ini bisa dinikmati dengan harga Rp 338.000++ per pengunjung.Restoran cepat sajiJika bujet yang Anda miliki lebih terbatas, restoran cepat saji bisa menjadi pilihan. Seperti Ramadan tahun-tahun sebelumnya, sejumlah restoran cepat saji juga meluncurkan paket khusus untuk berbuka puasa. Misalnya saja California Fried Chicken (CFC).Khusus Ramadan tahun ini, waralaba restoran ayam goreng yang dioperasikan PT Pioneerindo Gourmet International Tbk itu menyediakan empat pilihan paket berbuka yang diberi nama komandan (Kombo Asyik Ramadan). Bagi para pembeli paket ini, CFC juga memberikan gratis puding. “Harganya mulai dari Rp 20.000-an, dan tersedia paket untuk keluarga,” kata Kristanto, Direktur Keuangan Pioneerindo Gourmet International.Oh ya, CFC juga gencar menjemput bola dengan membuka gerai khusus di sepanjang kawasan pantai utara (Pantura) Jawa. Strategi yang sudah digelar lima tahun terakhir ini dilakukan sepanjang arus mudik dan balik lebaran. Tahun lalu CFC membuka tujuh titik gerai CFC di pantura. Nah, tahun ini rencananya akan ada 10 gerai CFC di pantura yang khusus menyambut arus Lebaran.Jaringan restoran Es Teller 77 juga mengemas dua menu baru selama bulan Ramadan. Paket yang pertama terdiri dari nasi putih, ayam kremes, plus teh botol Sosro. Lalu ada bakso super plus teh botol Sosro. Setiap menu dibanderol Rp 18.000 per porsi. “Karena kita kerjasama dengan teh botol Sosro, jadi harga itu sudah termasuk pajak,” kata Antonius.Es Teller 77 juga mengikuti nuansa Ramadan. Di beberapa outlet karyawannya mengenakan dresscode Ramadan. Untuk menghormati yang sedang menunaikan ibadah puasa, setiap outlet ditutup dengan gorden sehingga pemandangan ke dalam gerai tertutup. Jika malas keluar rumah, Anda bisa memanfaatkan layanan pesan antar melalui call center di 1427. Atau bisa juga memesan secara online melalui situs www.foodpanda.co.id.Menurut Antonius, biasanya minggu pertama bulan Ramadan masyarakat lebih memilih berbuka di rumah bersama keluarga. Mereka jarang keluar. Nah, begitu memasuki minggu kedua, barulah tradisi berbuka bersama (bukber) di luar rumah digelar. “Nah, di masa itu biasanya baru permintaan meningkat,” kata Antonius.Pengeloa Bakmi GM juga menggelar program khusus bertajuk Berkat, alias berbuka hemat. Periode promosi berlangsung sejak 28 Juni hingga 28 Juli 2014. Dengan banderol harga mulai dari Rp 25.000, pengunjung bisa memilih tiga paket yang disediakan. Mulai dari paket Bakmi Ayam plus teh kotak seharga Rp 25.000. Lalu ada Nasi goreng plus teh kotak yang dibanderol Rp 35.000. Hingga paket nasi goreng, bakmi ayam, pangsit goreng, dan dua teh kotak seharga Rp 63.182. Harga yang itu belum termasuk pajak. Jadi, sudahkah Anda menentukan tempat berbuka puasa bersama Ramadan kali ini?***Sumber : KONTAN MINGGUAN 41 - XVIII, 2014 Laporan Utama
Pebisnis kuliner berlomba tawarkan program khusus
Jakarta. Salah satu momen yang ditunggu- tunggu bagi umat muslim yang berpuasa di bulan Ramadan adalah saat berbuka puasa! Ya. Setelah seharian menahan nafsu, lapar, dan haus, saat berbuka puasa menjadi waktu-waktu yang dinantikan. Biar lebih semarak, tidak ada salahnya sekali-kali berbuka puasa di luar rumah bersama anggota keluarga, teman, atau kolega.Kesempatan menggelar acara berbuka puasa bersama kian terbuka seiring berbagai program promosi yang digelar pebisnis kuliner. Di bulan yang penuh berkah ini, para pengelola restoran, kafe, dan gerai makan lainnya meracik aneka program spesial Ramadan.Bentuknya bermacam-macam, mulai dari tambahan menu istimewa hingga menawarkan potongan harga. Langkah ini dilakukan untuk menyambut tingginya tingkat kunjungan konsumen, terutama di waktu berbuka puasa, menjelang sore hingga malam hari.Program promosi kian gencar lantaran bank penerbit kartu kredit juga tidak mau ketinggalan momen. Catatan KONTAN, sejumlah bank mengadakan kerjasama khusus dengan pengelola restoran untuk menawarkan potongan harga.Bank Permata, misalnya menggelar program Permata Festival Ramadan. Lewat kerjasamanya dengan sejumlah restoran, seperti Sari Ratu, Radja Ketjil, Secret Recipe, dan Shabu Tei, pemilik kartu kredit dan debit terbitan Bank Permata bisa menikmati diskon harga antara 20% hingga 50%. Program itu sendiri berlangsung hingga 28 Juli 2014.Bank Mega juga tidak mau ketinggalan. Bank milik kelompok CT Corp itu menjalin kerjasama dengan puluhan restoran di enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, dan Makassar.Para pemegang kartu kredit Bank Mega bisa menikmati diskon hingga 50% di restoranrestoran seperti Carlo de Huts di Mal Senayan City Jakarta, Banana Leaf Bistro di Surabaya, Saung Ikan Lembah di Bandung, Horapa di Semarang, Kakatua Cafe di Medan, dan Rumah Makan Apong di Makassar.Target omzet 30%Rata-rata pengelola restoran dan tempat makan menargetkan pertumbuhan omzet 20%–30% selama Ramadan tahun ini. Target ini terbilang realistis karena didasarkan pada hasil yang mereka cetak selama Ramadan di tahun-tahun sebelumnya.Selain itu, perhelatan Piala Dunia di Brasil yang bertepatan dengan Ramadan juga berpotensi memacu omzet para pebisnis kuliner. Asal saja, pengelola restoran pandai-pandai menggelar program guna menggaet pengunjung.Meski begitu, daya beli masyarakat yang belum membaik bisa menjadi hambatan pengelola restoran mencapai target omzet selama Ramadan. Antonius H. Wiharja, Marketing Manager Es Teller 77, mengakui, optimistis mencapai target kenaikan omzet sebesar 30% selama Ramadan tahun ini. Cuma, agar target itu bisa tercapai, strategi menjaga harga jual yang terjangkau harus menjadi prioritas. “Daya beli masyarakat memang masih ada, tetapi sedikit menurun,” ujar Antonius.Bagi Anda yang memiliki rencana menggelar buka puasa di luar rumah, beberapa tempat makan di bawah ini bisa menjadi pilihan. Di luar restoran yang KONTAN sebutkan, tentu masih banyak tempat yang bisa dituju. Berikut ulasan singkatnya.Restoran di hotelBagi konsumen, ini jelas saatnya berkesempatan memilih tempat dan hidangan berbuka puasa yang bervariasi. Jika Anda ingin berbuka puasa dalam suasana yang lebih wah, nyaman, dan eksklusif, restoran yang berada di hotel-hotel juga bisa menjadi pilihan.Para pengelola restoran berkelas ini, biasanya memang rutin menggelar program khusus Ramadan. Salah satunya The Harmony Restaurant yang berada di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta Pusat.Seperti tahun-tahun sebelumnya, The Harmony menggelar program khusus Ramadan yang bisa dinikmati oleh tamu hotel maupun pengunjung yang tidak menginap di sana. Bagi Anda yang bukan tamu hotel bisa da-tang langsung bersama kolega atau saudara untuk menikmati Breakfasting Buffet. Harganya tidak terlalu mahal untuk ukuran resto yang berada di hotel berbintang empat, yakni Rp 230.000 net per orang.Public Relation Manager Santika Premiere, Hesty Ning Tyas, menyebut, dalam sajian buffet berbuka puasa ini, para tamu sudah dapat menikmati aneka pilihan takjil serta aneka menu istimewa yang tersaji di traditional corner, Asian corner, dan Western corner. “Animo pengunjung cukup bagus. Kalau berkaca dari Ramadan sebelumnya, biasanya pengunjung yang bukan tamu hotel datang berkelompok untuk berbuka bersama,” ujar Hesty.Hotel lain yang juga menawarkan paket khusus untuk berbuka puasa selama bulan Ramadan adalah Hotel Kempinski Jakarta. Hotel yang berada di bawah jaringan Global Hotel Alliance tersebut menawarkan pelbagai aneka paket makanan berbuka puasa. Jika Anda hanya ingin menikmati aneka takjil bisa menyambangi Nirwana Lounge. Pengunjung bisa menikmati beragam makanan manis dan kue-kue khas indonesia, teh hangat, dan kolak dengan tarif Rp 145.000++ per orang.Jika menginginkan paket berbuka puasa yang lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi Signatures Restaurant. Tamu di sini bisa mencicipi aneka takjil, makanan manis, dan beragam makanan Indonesia ataupun barat. Paket yang tersedia dari 29 Juni hingga 27 Juli 2014 ini bisa didapat dengan harga Rp 318.000++ per orang.Khusus pada hari Lebaran, yaitu 28 dan 29 Juli 2014, hotel yang berlokasi di Jalan MH. Thamrin, Jakarta pusat ini juga menyediakan buffet ketupat di Signatures Restaurant. Paket khusus Idul Fitri ini bisa dinikmati dengan harga Rp 338.000++ per pengunjung.Restoran cepat sajiJika bujet yang Anda miliki lebih terbatas, restoran cepat saji bisa menjadi pilihan. Seperti Ramadan tahun-tahun sebelumnya, sejumlah restoran cepat saji juga meluncurkan paket khusus untuk berbuka puasa. Misalnya saja California Fried Chicken (CFC).Khusus Ramadan tahun ini, waralaba restoran ayam goreng yang dioperasikan PT Pioneerindo Gourmet International Tbk itu menyediakan empat pilihan paket berbuka yang diberi nama komandan (Kombo Asyik Ramadan). Bagi para pembeli paket ini, CFC juga memberikan gratis puding. “Harganya mulai dari Rp 20.000-an, dan tersedia paket untuk keluarga,” kata Kristanto, Direktur Keuangan Pioneerindo Gourmet International.Oh ya, CFC juga gencar menjemput bola dengan membuka gerai khusus di sepanjang kawasan pantai utara (Pantura) Jawa. Strategi yang sudah digelar lima tahun terakhir ini dilakukan sepanjang arus mudik dan balik lebaran. Tahun lalu CFC membuka tujuh titik gerai CFC di pantura. Nah, tahun ini rencananya akan ada 10 gerai CFC di pantura yang khusus menyambut arus Lebaran.Jaringan restoran Es Teller 77 juga mengemas dua menu baru selama bulan Ramadan. Paket yang pertama terdiri dari nasi putih, ayam kremes, plus teh botol Sosro. Lalu ada bakso super plus teh botol Sosro. Setiap menu dibanderol Rp 18.000 per porsi. “Karena kita kerjasama dengan teh botol Sosro, jadi harga itu sudah termasuk pajak,” kata Antonius.Es Teller 77 juga mengikuti nuansa Ramadan. Di beberapa outlet karyawannya mengenakan dresscode Ramadan. Untuk menghormati yang sedang menunaikan ibadah puasa, setiap outlet ditutup dengan gorden sehingga pemandangan ke dalam gerai tertutup. Jika malas keluar rumah, Anda bisa memanfaatkan layanan pesan antar melalui call center di 1427. Atau bisa juga memesan secara online melalui situs www.foodpanda.co.id.Menurut Antonius, biasanya minggu pertama bulan Ramadan masyarakat lebih memilih berbuka di rumah bersama keluarga. Mereka jarang keluar. Nah, begitu memasuki minggu kedua, barulah tradisi berbuka bersama (bukber) di luar rumah digelar. “Nah, di masa itu biasanya baru permintaan meningkat,” kata Antonius.Pengeloa Bakmi GM juga menggelar program khusus bertajuk Berkat, alias berbuka hemat. Periode promosi berlangsung sejak 28 Juni hingga 28 Juli 2014. Dengan banderol harga mulai dari Rp 25.000, pengunjung bisa memilih tiga paket yang disediakan. Mulai dari paket Bakmi Ayam plus teh kotak seharga Rp 25.000. Lalu ada Nasi goreng plus teh kotak yang dibanderol Rp 35.000. Hingga paket nasi goreng, bakmi ayam, pangsit goreng, dan dua teh kotak seharga Rp 63.182. Harga yang itu belum termasuk pajak. Jadi, sudahkah Anda menentukan tempat berbuka puasa bersama Ramadan kali ini?***Sumber : KONTAN MINGGUAN 41 - XVIII, 2014 Laporan Utama