Pebisnis ritel intip cuan dari perayaan Imlek



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah peritel sudah menyiapkan strategi untuk memaksimalkan penjualan pada momentum Tahun Baru China alias Imlek. Pasalnya, perayaan Imlek bisa mendongkrak penjualan selain Lebaran dan Natal.

Scesilia Febiana, Head of Marketing Communications PT Metropolitan Retailmart mengatakan, biasanya menjelang Imlek penjualan meningkat signifikan. Sebab, peritel akan mengikuti agenda midnight sale di beberapa pusat perbelanjaan.

Ada beberapa gerai yang ikutan, Metro Puri Indah Mall Sabtu 2 Februari 2019 dan Metro Park Solo di Senin, 4 Februari 2019, ujar dia kepada Kontan.co.id, Jumat (1/2).

Selain momentum Lebaran, Natal dan Tahun Baru, Scesilia mengakui penjualan mereka terkerek perayaan Imlek. Namun, dia tidak menyebutkan target dan kenaikan penjualan pada momentum Tahun Baru China.

Target belum bisa kami informasikan. Yang pasti, harapannya secara trafik dan sales meningkat sesuai ekspektasi kami," ujar Scesilia.

Sogo Department Store juga sudah mulai bersolek menyambut Imlek. "Kami sudah bersiap menyambut Imlek. Selain dari sisi desain, manajemen menerapkan banyak strategi promosi untuk bisa menjaring pelanggan," ungkap Handaka Santosa, Managing Director Sogo Department Store.

Menurut dia, dari 18 gerai yang dikelola Sogo Department Store, sebagian akan mengikuti midnight sale. Meski demikian, manajemen tetap akan mengikuti kebijakan dari pengelola pusat perbelanjaan. Sampai akhir bulan lalu, Sogo menyampaikan jika penjualan sudah tumbuh lebih dari 17%.

Saya memperkirakan sampai nanti Imlek tumbuh sekitar 20%-an, tetapi biasanya memang setelah penjualan tinggi, pasti ada koreksi. Kami tidak bicara akan tumbuh sekian-sekian persen, saya targetnya tahun ini tumbuh 15%, Handaka berharap.

Sedangkan PT Central Retail Indonesia, pemilik gerai Central Department Store sudah menggelar promosi mulai 21 Januari 2019 hingga 10 Februari 2019. Kendati tidak memerinci target penjualan selama festive tersebut, manajemen Central berharap strategi tersebut bisa meningkatkan penjualan.

Dimas Wisnu Wardana, Public Relations Department Manager PT Central Retail Indonesia menyebutkan, mereka memberikan potongan harga sebesar 50% untuk brand tertentu. Selain itu, Central menggandeng BCA dan MasterCard untuk memudahkan belanja konsumen.

Central Department Store merayakan Tahun Baru China dengan menggelar program belanja potongan harga hingga 50% di seluruh gerai. Hadiah langsung melalui wheel of fortune serta dua kali Central The1Card selama program berlangsung, ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi