Pefindo Berikan Peringkat idAAA pada Adira Finance



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAAA terhadap PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk untuk periode 6 Januari 2022 sampai dengan 1 Januari 2023.

Adapun, peringkat tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi dari Perusahaan serta Laporan Keuangan Tidak Diaudit per 30 September 2021 dan Laporan Keuangan Audit per 31 Desember 2020

Sekadar informasi, hingga September 2021, perusahaan mengantongi pendapatan sebesar Rp 6,27 menyusut 12,67% dari total pendapatan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara, laba periode berjalan sebesar Rp 753,27 miliar atau turun 7,48% yoy. 

Baca Juga: OJK Cabut Izin Usaha Trevi Pelita Multifinance

"Obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh PEFINDO. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, relatif terhadap obligor Indonesia lainnya, adalah superior,” tulis Pefindo, dikutip dari keterangan resmi, Senin (10/1).

Pefindo pun menyampaikan bahwa peringkat atas perusahaan tidak berlaku untuk suatu efek utang tertentu yang dikeluarkan perusahaan, karena tidak memperhitungkan struktur serta berbagai ketentuan (provision) dari efek utang tersebut, tingkat perlindungan dan posisi klaim dari pemegang efek utang bila emitennya mengalami likuidasi, serta legalitasnya. 

“Di samping itu, peringkat atas perusahaan tidak memperhitungkan kemampuan penjamin, pemberi asuransi, atau penyedia credit enhancement lainnya yang ikut mendukung suatu Efek Utang tertentu,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi