Pefindo memangkas rating ANTM menjadi idAA-



JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memangkas rating baik untuk PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan Shelf Registered Bond I/2011 senilai Rp4 triliun menjadi idAA- dari sebelumnya idAA.

Mengacu pada hasil riset Pefindo, (17/9), dasar dari penurunan rating ini adalah, penurunan harga global komoditas nikel yang mampu mempengaruhi cash flow ANTM. Pefindo juga mempertahankan outlook 'negative' terhadap ANTM sebagai langkah antisipasi kebijakan larangan ekspor nikel yang baru saja dijalankan pemerintah.

Kendati demikian, rating tersebut masih dibatasi oleh ekspansi pembangunan pabrik pengolahan feronikel yang tengah digarap ANTM. Selain itu, ANTM juga masih memiliki cadangan sumber daya yang baik, operasional yang terintegrasi secara vertikal dan diversifikasi produk yang baik sehingga meminimalisir kembalinya penurunan rating dalam waktu dekat.


Catatan saja, pada perdagangan sore tadi saham ANTAM berada di level Rp1.470 per saham. Angka ini menguat 10 poin atau naik 0,68% dibanding harga penutupan sebelumnya yang berada di level Rp1.460 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: