Pejuang Jerawat Harus Tahu, 4 Tips Memilih Foundation untuk Kulit Berjerawat



MOMSMONEY.ID - Biar tidak semakin jerawatan, inilah 4 tips memilih foundation untuk kulit berjerawat. Sudah tahu?

Penggunaan foundation pada kulit yang rentan berjerawat atau acne-prone menyimpan sisi positif maupun sisi negatif. Sisi positifnya, foundation mampu membantu menutupi jerawat sekaligus bekasnya dalam sekejap. Di sisi lain, penggunaan foundation bisa membuat jerawat semakin meradang.

Oleh sebab itu, pemilihan foundation yang cermat merupakan langkah penting untuk tampil flawless tanpa memperburuk kondisi jerawat.


Untuk membantu Anda menemukan produk foundation yang tepat, berikut 4 tips memilih foundation untuk kulit berjerawat ala L’Oreal Paris.

Baca Juga: Panduan Cara Mengetahui Kontak yang Sering Dihubungi di WhatsApp

1. Pilih foundation dengan formula non-comedogenic

Tips memilih foundation untuk kulit berjerawat yang pertama yaitu pilih foundation dengan formula non-comedogenic.

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam produk foundation memiliki sifat comedogenic yang artinya bisa menyumbat pori-pori. Sehingga, foundation ini sangat tidak dianjurkan untuk digunakan oleh para pemilik kulit acne-prone atau rentan berjerawat.

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, Anda harus mencari produk foundation yang terbukti non-comedogenic. Biasanya, keterangan atau label non-comedogenic tercantum pada kemasan produk sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

2. Pastikan foundation memiliki formula berbasis air

Tips memilih foundation untuk kulit berjerawat yang kedua yaitu memastikan foundation memiliki formula berbasis air.

Foundation dengan tekstur yang padat seperti stick foundation dan cream foundation tidak dianjurkan bagi pemilik kulit berjerawat. Pasalnya, tekstur foundation yang padat cenderung tidak breathable sehingga dapat menyumbat pori-pori. Hasilnya, jerawat pun akan lebih mudah muncul di kulit wajah.

Dalam memilih foundation untuk kulit berjerawat, sebaiknya pilihlah produk yang memiliki formula berbasis air. Selain teksturnya ringan, formula foundation ini juga mampu meminimalkan risiko pori-pori tersumbat dan lebih nyaman digunakan seharian. Berkat teksturnya yang ringan serta breathable, foundation dengan formula berbasis air juga bisa digunakan oleh para pemilik kulit berjerawat yang sensitif sehingga kulit tidak mudah teriritasi.

Baca Juga: Tak Hanya Titanic, 5 Film Ini Juga Bertema Insiden Kapal Laut, Loh

3. Pilih foundation dengan finish matte

Tips memilih foundation untuk kulit berjerawat yang ketiga yaitu pilih foundation dengan finish atau hasil akhir matte.

Pada umumnya, orang-orang dengan kulit yang rentan berjerawat juga memiliki jenis kulit berminyak, kombinasi, dan sensitif. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk foundation dengan hasil akhir matte. Pasalnya, foundation dengan hasil akhir matte telah dilengkapi dengan formula oil control dan bahkan memiliki ketahanan yang baik terhadap keringat karena bersifat sweatproof.

Berkat formula oil control-nya, foundation matte akan membantu mengontrol produksi minyak berlebih di kulit wajah yang kerap menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab jerawat.

4. Pastikan foundation mengandung bahan pencegah jerawat

Tips memilih foundation untuk kulit berjerawat yang keempat yaitu memastikan foundation mengandung bahan pencegah jerawat.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat hendak membeli foundation untuk kulit berjerawat adalah kandungan bahannya yang dapat membantu mencegah jerawat. Beberapa foundation untuk kulit berjerawat biasanya memiliki kandungan anti-acne seperti salicylic acid di dalamnya.

Namun, jika Anda kesulitan untuk menemukan foundation dengan kandungan tersebut, Anda bisa memilih produk foundation yang mengandung dimethicone. Dimethicone dipercaya memiliki kemampuan untuk menyerap minyak berlebih dan meminimalkan tampilan pori-pori yang besar di kulit wajah. Selain itu, kandungan dimethicone juga diklaim mampu mengurangi kemerahan dan iritasi kulit yang diakibatkan oleh jerawat.

Demikian 4 tips memilih foundation untuk kulit berjerawat. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma