Pekerjaan ini banyak dibutuhkan perusahaan saat pandemi menurut Mendikbud Ristek



KONTAN.CO.ID -  Saat pandemi Covid-19, beberapa pekerjaan sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menunjang berbagai tugas. 

Perubahan sistem kerja selama pandemi mempengaruhi tren jenis pekerjaan saat ini. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem work from home (WFH) membuat tidak sedikit pekerjaan mulai ditinggalkan. 

Di sisi lain, beberapa jenis profesi justru semakin dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan, imbas dari perubahan lingkungan kerja saat pandemi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, bersumber dari laman Institut Teknologi Batas (Iteba), menyampaikan jika ada lima pekerjaan yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan. 

Apa saja jenis pekerjaan tersebut? Mari simak rangkuman informasi tentang jenis pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan saat pandemi di bawah ini. 

Baca Juga: Jadwal dan rincian kegiatan Asesmen Nasional 2021 jenjang SD-SMA

  • Software engineer

Saat pandemi berlangsung, masyarakat yang awalnya banyak melakukan kegiatan offline beralih kepada kegiatan online. 

Untuk menunjang kegiatan tersebut, pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan saat ini adalah software engineer. 

Tidak hanya menulis coding dalam program, software engineer juga bertugas untuk menganlisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, dan memvalidasi rancangan perangkat lunak. 

Bahasa pemrograman dasar yang perlu diketahui untuk menekuni pekerjaan ini adalah Java, Phyton, dan Ruby. 

Jurusan kuliah yang pas untuk menekuni profesi sebagai software engineer adalah jursan teknik komputer dan sistem informasi.

  • UX designer

Seorang UX designer bertugas untuk memastikan masyarakat puast saat mengunjungi platform suatu perusahaan. 

Profesi ini tentu membutuhkan kemampuan yang beragam. Dibutuhkan riset untuk mengetahui pengalaman penggunaan pada platform suatu perusahaan. 

Jika Anda ingin menekuni profesi sebagai UX designer, jurusan yang pas untuk diambil adalah jurusan yang berkaitan dengan ilmu komputer dan teknologi. 

Baca Juga: Rumus Excel ini paling sering digunakan saat bekerja, ada yang sudah Anda kuasai?

  • Product manager

Banyaknya pesaing tentu membuat produsen berlomba-lomba membuat produk yang memiliki daya tarik dan daya jual yang tinggi. 

Tugas dari product manager adalah merancang produk yang menarik dibeli oleh masyarakat. Dia bertanggung jawab membawahi seluruh tim dan memastikan strategi penciptaan produk bisa berjalan lancar. 

Pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan untuk menjelaskan dan menerjemahkan produk dengan tepat. Mahasiswa jurusan komunikasi atau manajemen rekayasa bisa mencoba profesi ini setelah lulus kelak. 

  • Data analyst

Setiap perusahaan membutuhkan seorang data analyst untuk mengevaluasi data-data yang dimiliki perusahaan. 

Data tersebut dibutuhkan untuk mengukur perkembangan bisnis suatu perusahaan. Selain mengevaluasi, data analyst juga bertanggung jawab untuk meneliti dan menganalisis data yang dimiliki perusahaan. 

Dari data yang sudah diolah, perusahaan bisa menggunakannya untuk mengembangkan strategi bisnis seperti strategi penjualan. 

  • Researcher

Jenis pekerjaan selanjutnya yang dibutuhkan perusahaan saat ini adalah resercher atau peneliti. 

Di tengah pandemi Covid-19, ada banyak hal yang perlu diteliti contohnya adalah kandungan vaksin hingga teknologi untuk memutus rantau virus. 

Tidak heran jika keberadaan peneliti atau researcher semakin banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. 

Selanjutnya: 15 Singkatan bahasa Inggris ini sering dipakai saat chatting, sudah tahu artinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News