Pelindo III perkuat konektivitas antar pelabuhan di Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelindo III sekarang tengah memperkuat konektivitas antara pelabuhan di Indonesia melalui sistem window connectivity. Dengan memperkuat konektivitas antara pelabuhan Indonesia melalui sistem window connectivity, system ini dapat mengintegrasikan sistem informasi antar pelabuhan yang dapat meningkatkan efektivitas pelayanan bagi para pengguna jasa.

“Sistem ini dapat memberikan kepastian sandar bagi perusahaan pelayaran, standardisasi operasional di terminal dan proses bongkar muat barang yang berdampak pada turn round voyage (TRV) kapal,” ujar Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto, Senin (14/1).

Sebagai contoh, kata Putut, rute Surabaya-Samarinda-Surabaya sebelumnya ditempuh 8 hari, dengan adanya sistem ini dapat ditempuh menjadi 7 hari. Dengan TRV yang pendek maka jumlah voyage atau trip dapat meningkat dari 45 voyage menjadi 52 voyage.

Guna menerapkan sistem ini, ia menegaskan dibutuhkan komitmen antar operator pelabuhan dan operator pelayaran. Dalam tahap awal, seluruh pelabuhan di lingkungan Pelindo III akan terhubung dengan window system mulai tanggal 15 Januari 2019. Selanjutnya akan terhubung dengan Pelindo IV mulai tanggal 1 Februari 2019.

“Komitmen harus dibangun karena menyangkut pertukaran data dan informasi. Selanjutnya kami berharap dapat dikembangkan juga di wilayah Pelindo I dan IPC/Pelindo II sehingga seluruh pelabuhan di Indonesia akan terhubung dengan sistem ini,” pungkasnya dalam siaran pers yang diteriima Kontan.co.id, Senin (14/1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini