Pelita Air Tegaskan Komitmen pada Penerbangan Berkelanjutan



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Maskapai penerbangan Pelita Air, berkomitmen terhadap penerbangan berkelanjutan dengan bergabung dalam bursa karbon IDX Carbon pada 26 September 2023. Pelita Air menjadi maskapai pertama di Indonesia yang terdaftar dalam platform tersebut.

Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari, menyatakan bahwa pencapaian ini mengukuhkan dedikasi Pelita Air dalam mempercepat peralihan energi global menuju net zero emission yang ditargetkan oleh pemerintah Indonesia.

Dalam upaya mendukung inisiatif pengimbangan karbon, Pelita Air telah menerapkan perhitungan offset dan pengurangan jejak karbon pada penerbangan perdana Jakarta-Banjarmasin yang berlangsung pada 1 November 2023. Sebagai bagian dari inisiatif ini, para penumpang juga menerima sertifikat karbon.


Baca Juga: Pelita Air Buka Rute Baru Balikpapan-Yogyakarta-Balikpapan, Cek Jadwalnya

Pelita Air juga menerapkan Green Operating Procedure pada setiap penerbangan, tidak hanya untuk menghemat bahan bakar tetapi juga untuk mengurangi limbah.

Salah satu langkah yang diambil adalah penggunaan kemasan kertas daur ulang pada Meals On Board, dengan tujuan mengurangi deforestasi dan penumpukan sampah kemasan.

Keseriusan Pelita Air dalam mengurangi deforestasi juga ditunjukkan melalui penggunaan teknologi Electronic Flight Bag (EFB), yang memungkinkan operasi tanpa kertas. 

"Kami adalah maskapai pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi EFB level 2 dan Digital Flight Package dari NAVBLUE, anak perusahaan Airbus," jelas Agdya dalam siaran pers, Kamis (20/6).

Baca Juga: Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Teknologi EFB berfungsi mengumpulkan data untuk meningkatkan kualitas operasi dan keselamatan penerbangan, sekaligus mengurangi penggunaan kertas secara signifikan. 

Sebelum menerapkan EFB, penerbangan reguler Pelita Air menggunakan sekitar 2.500 lembar kertas per hari untuk kebutuhan flight document print. Dengan EFB, Pelita Air telah berkontribusi dalam mengurangi penggunaan kertas, sejalan dengan komitmen mereka terhadap penerbangan berkelanjutan.

Atas upaya tersebut, Pelita Air meraih penghargaan internasional "Indonesia Sustainability Initiative of the Year – Aviation" dari GovMedia, perusahaan media asal Singapura yang merupakan bagian dari Charlton Media Group. 

Baca Juga: Pelita Air Capai On Time Performance 95% pada Arus Balik Lebaran 2024

Penghargaan ini diterima dalam acara GovMedia Conference & Awards 2024 yang diselenggarakan pada Kamis, 13 Juni 2024 di Marina Bay Sands Expo & Convention Center, Singapura.

"Penghargaan ini menjadi bukti nyata dedikasi dan upaya Pelita Air dalam mempercepat peralihan menuju penerbangan berkelanjutan dan menjaga lingkungan demi masa depan yang lebih baik," tutup Agdya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli