Pelni ganti pelumas dari Shell ke Pertamina



JAKARTA. PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) kini memilih ganti pelumas atau oli untuk kapalnya. Jika semula kapal milik perusahaan pelat merah ini memakai oli bikinan Shell, kali ini kapal Pelni akan menggunakan ilik Pertamina.

Hanung Budya, Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) mengatakan, kerjasama ini dilakukan dengan cara kontrak selama tahun. "Untuk pertama, pemakaian pelumas Pertamina dilakukan untuk 10 kapal Pelni," ujar Hanung saat jumpa pers di Hotel Borobudur, Jumat (5/4).

Di tempat yang sama, Daniel Bangonan, Direktur Operasi Pelni bilang, sebelumnya pihaknya menggunakan pelumas Shell. "Ganti oli ke Pertamina ini juga tidak langsung begitu saja, melainkan sudah melewati uji coba terlebih dahulu," jelasnya.


Menurut Daniel, salah satu alasannya mengganti pelumas ke Pertamina adalah, harganya yang lebih murah. Sehingga, kata Daniel, biaya operasional kapal Pelni bisa dikurangi. Alasan lainnya adalah, Pertamina adalah produk oli dalam negeri.

Sebelumnya, kapal Pelni memakai pelumas milik Shell, bahkan sejak tahun 1983 silam. Daniel bilang, saat itu pihaknya membeli pelumas dari Shell karena pihak Pertamina belum bisa menyediakan spesifikasi pelumas yang dibutuhkan oleh pihaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri