Pemadaman Jakarta Akibat Gangguan Trafo Listrik



JAKARTA. Sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya dalam tiga hari terakhir mendadak mengalami pemadaman listrik. Tapi, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan, pemadaman tersebut tidak ada kaitannya dengan kegiatan pemeliharaan boiler di salah satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Labuhan, Banten.

Memang, akibat kegiatan pemeliharaan tersebut pasokan setrum ke sistem kelistrikan Jawa-Bali berkurang sebanyak 300 megawatt (MW). Tapi, hilangnya suplai listrik tersebut sama sekali tidak mengganggu pasokan setrum ke wilayah Jakarta dan sekitarnya. "Hanya 300 MW, jadi tidak akan sampai ke Jakarta dampaknya," kata General Manager Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa Bali PLN Zainal Abidin Sihite, Minggu (9/5).

Menurut Zainal, pemadaman yang terjadi di sejumlah tempat di Jakarta dan sekitarnya lantaran gangguan trafo semata. Jadi, bukan karena dampak dari kegiatan pemeliharaan boiler yang berfungsi mengubah air menjadi uap di salah satu unit PLTU Labuhan.


Sekretaris Perusahaan PLN Ida Bagus Mardawa membenarkan pemadaman di beberapa titik di wilayah ibukota dan sekitarnya karena trafo rusak atau ada kabel yang tertimpa pohon roboh. “Wilayah Jakarta dan sekitarnya tidak ada gangguan pasokan," tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Adi