Pemain Baru Terus Ramaikan Industri Rokok Elektrik Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar industri rokok elektrik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan meski di saat yang sama tantangannya juga meningkat. Data Kementerian Perindustrian mencatat nilai dagang rokok elektrik sudah mencapai US$ 354,81 juta pada tahun 2023. Tercatat lebih dari 6 juta orang pernah menggunakan vape.

Ketua Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia (APVI), Garinda Kartasasmita, optimistis dengan pasar rokok elektrik ini. Pengguna aktif rokok elektrik ini mencapai hampir 4 juta orang. Peritel yang memasarkan produk vape juga tumbuh bak jamur di musim hujan.

"Data survei terakhir, masyarakat yang mencoba produk vape sebanyak lebih dari 6 juta orang, sedangkan pengguna aktif sekitar 4 juta orang," ungkap Garinda, Minggu (7/7).


Berdasarkan survei Statista Consumer Insights pada periode kuartal I-2023, sekitar 25% masyarakat Indonesia dilaporkan pernah menggunakan vape setidaknya satu kali. Angka ini menempatkan Indonesia di atas negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Swiss dalam prevalensi penggunaan vape​.

Baca Juga: Penjualan Rokok Elektrik Terancam Kenaikan Harga Jual Eceran

Pertumbuhan industri vape tidak lepas dari perkembangan teknologi yang memberikan pengalaman lebih baik bagi konsumen. Produk-produk baru dengan fitur seperti pengaturan suhu, varian rasa yang semakin beragam, hingga desain yang ergonomis terus menarik perhatian pasar.

Pemain industri rokok elektrik juga terus bertambah. Terbaru, NXG Indonesia hadir dengan mengusung merek NXG Vape yang menghadirkan pengalaman vaping premium dengan rangkaian produk inovatif dan varian rasa.

NXG memperkenalkan tiga produk andalannya pada 14 Desember 2024 lalu, yakni NXG Evo POD Device, NXG Neo Disposable, dan NXG POD Cartridge.

“NXG tidak hanya sekedar vape. Kami telah menginvestasikan banyak waktu untuk meningkatkan kualitas mesin kami sehingga pengguna dapat merasakan vaping yang lebih halus, lebih konsisten, dan lebih memuaskan,” ujar Freddy, Direktur Operasional dari NXG Indonesia, dalam keterangannya, Rabu (18/12). 

Baca Juga: Rokok Elektrik FOOM Siap Ekspansi ke Pasar Internasional, Mulai dari Asia Tenggara

Freddy bilang, produk unggulan NXG menonjolkan desain elegan yang menggambarkan konsep futuristik. Setiap perangkat dirancang tidak hanya untuk estetika, tetapi juga untuk kinerja optimal. Selain itu, kualitas rasa menjadi salah satu keunggulan utama NXG.

Produk seperti NXG POD Cartridge menawarkan rasa autentik dari Original Tobacco hingga varian unik seperti Peach Oolong dan Lemon Lime, yang semuanya diproduksi dengan formula terbaik untuk menjaga kesegaran dan intensitas rasa.

“Dengan kapasitas pod 2ml dan pilihan nikotin hingga 5%, NXG juga memastikan pengalaman vaping yang disesuaikan dengan preferensi setiap individu. NXG juga mengusung teknologi baterai yang tahan lama dan sistem pod yang mudah digunakan.” pungkas Freedy.

Selanjutnya: Melihat Prospek Kinerja Kalbe Farma (KLBF) di Tengah Tantangan Pelemahan Rupiah

Menarik Dibaca: Warna Keberuntungan Shio di Tahun 2025, Ini Warna Keberuntungan Shio Ular!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk