Pembayaran Tiket MRT Sudah Tak Bisa Pakai OVO hingga Gopay Mulai Hari Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MRT Jakarta melakukan sistem pembayaran atau pembelian tiket dengan uang elektronik. Penyesuaian ini diberlakukan mulai Sabtu (1/7).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, adanya kebijakan baru ini membuat penumpang tidak bisa lagi membayar dengan sejumlah e-wallet seperti OVO, GoPay, Linkaja, dan Dana.

"Terkait sistem pembayaran e-wallet OVO, Gopay, Linkaja, DANA yang tidak berlaku di MRT mulai hari (Sabtu) ini, 1 Juli 2023," ujar Syafrin dalam keterangannya, Sabtu (1/7).


Baca Juga: Perhatikan, Mulai 1 Juli Bayar MRT Tidak Bisa Pakai Gopay, OVO, DANA, dan LinkAja

Syafrin mengatakan, kebijakan baru dari PT MRT ini dilakukan karena tidak tercapainya kesepakatan bisnis dengan keempat penyedia dompet digital.

Oleh karena itu, Syafrin mengungkapkan, kontraknya tidak diperpanjang.

"Kondisi ini terjadi karena periode kontrak kerjasama dengan para mitra e-wallet berakhir dan belum ada kesepakatan atau keinginan dari para mitra itu untuk memperpanjang kerja sama kembali," kata Syafrin.

Namun, ia mengatakan, MRT Jakarta tetap membuka opsi kelanjutan kerja sama sepanjang sesuai dengan ketentuan yang selama ini telah berjalan atau sesuai dengan kerja sama sebelumnya.

Menurutnya, semakin banyak opsi pembayaran, tentu akan semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat.

"Namun kami tetap menghormati keputusan dan pertimbangan dari para mitra e-wallet tersebut. Saat ini yang masih bekerjasama untuk server based, yaitu Astrapay, i-saku, dan Blu BCA," ujar Syafrin.

Dengan adanya kebijakan baru ini, pemesanan tiket MRT Jakarta hanya dapat dilakukan melalui dompet digital lain, yakni isaku, Astrapay, dan blu by BCA.

Selain itu, pengguna juga dapat membayar dengan kartu uang elektronik, yakni E-money, Flazz, Brizzi, Tapcash, dan Jakcard.

Baca Juga: Pengguna MRT Wajib Tahu, Bayar Tiket Tak Bisa Lagi Pakai Gopay, OVO, DANA dan LinkAja

Penulis : Muhammad Isa Bustomi Editor : Novianti Setuningsih

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai Hari Ini, Pembayaran Tiket MRT Sudah Tak Bisa Pakai OVO hingga Gopay".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat