KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain soal pendanaan, semangat pacu pembangunan infrastruktur yang digaungkan pemerintah juga kerap menghadapi masalah lainnya. Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR misalnya sering menemui pembebasan lahan jadi tantangan terhadap proyek jalan dan jembatan. "Biasanya kendala dari soal desain, amdal, dan pembebasan lahan," kata Rahman Arief, Direktur Pengembangan Jalan Bina Marga Kementerian PUPR kepada KONTAN, Minggu (12/11). Misalnya, pembangunan jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) terkendala pembebasan lahan di segmen III sepanjang 15,2 km. Dari data yang didapat Kontan.co.id, pembebasan lahan terkendala lantaran kewajiban pemda untuk membebaskan lahan senilai Rp 300 miliar tak dipenuhi. Sehingga perlu desain ulang agar seluruh segmen GORR dapat berfungsi.
Pembebasan tanah jadi kendala penyerapan anggaran
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain soal pendanaan, semangat pacu pembangunan infrastruktur yang digaungkan pemerintah juga kerap menghadapi masalah lainnya. Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR misalnya sering menemui pembebasan lahan jadi tantangan terhadap proyek jalan dan jembatan. "Biasanya kendala dari soal desain, amdal, dan pembebasan lahan," kata Rahman Arief, Direktur Pengembangan Jalan Bina Marga Kementerian PUPR kepada KONTAN, Minggu (12/11). Misalnya, pembangunan jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) terkendala pembebasan lahan di segmen III sepanjang 15,2 km. Dari data yang didapat Kontan.co.id, pembebasan lahan terkendala lantaran kewajiban pemda untuk membebaskan lahan senilai Rp 300 miliar tak dipenuhi. Sehingga perlu desain ulang agar seluruh segmen GORR dapat berfungsi.