Pembelian mobil diprediksi turun 10% tahun ini



MAKASSAR. Pasar mobil diproyeksi turun kurang dari 10% menjadi 1,1 juta unit sampai akhir tahun ini. Pelambatan permintaan mobil ini terimbas pertumbuhan ekonomi yang melambat.

"Kami hampir final menghitung prediksi pasar. Ada indikasi penjualan akan turun," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, di Makasar, Sulawesi Selatan, Kamis (7/5).

Toyota sebagai pemimpin pasar otomotif di Indonesia, memperkirakan penjualan mobil secara nasional akan turun kurang dari 10%.


"Bila tahun lalu penjualan mobil secara nasional 1,2 juta unit, maka tahun ini (turun) ke arah 1,1 juta unit," ujar Samulo.

Indikator penurunan tersebut, menurut dia, terlihat dari kondisi pasar Januari-Februari yang di bawah estimasi.

Selain itu, lanjut dia, anggaran dari pemerintah belum turun untuk menstimulasi kegiatan ekonomi. Ditambah lagi, nilai tukar rupiah yang masih bertengger sekitar Rp 13.000 per dollar AS, plus harga komoditas pertambangan dan perkebunan yang cenderung turun.

"Kondisi itu membuat kalangan swasta tidak mau gegabah melakukan pembelian (mobil), masyarakat pun wait and see untuk membeli," kata Samulo.

Kendati demikian, ia melihat ada titik cerah ketika penyaluran anggaran pemerintah mulai menunjukkan kenaikan sejak Maret dan April, yang diharapkan bisa mendongkrak penjualan mobil pada semester kedua tahun ini.

"Sejak Maret pengeluaran pemerintah terus meningkat, Rp 80 triliun per bulan," katanya.

Kalau pengeluaran pemerintah terus meningkat, ia optimistis pada semester kedua akan ada kenaikan penjualan, meskipun belum menutupi penurunan pasar mobil pada triwulan pertama.

Toyota Indonesia tetap memproyeksikan pangsa pasar 32,5% seperti tahun lalu. Dalam kondisi pasar yang lesu itu, TAM tetap melakukan aksi korporasi, termasuk peluncuran model baru sesuai rencana. 

"Tidak ada penundaan soal itu, karena peluncuran model baru sudah dirancang lima tahun sebelumnya," kata dia.

Untuk menghela pasar, pihaknya berupaya membantu konsumen antara lain melalui bunga kredit kepemilikan kendaraan yang terjangkau dan membantu konsumen menjual mobil lama mereka.

"Sekitar 50% pembeli mobil Toyota adalah mereka yang memberi mobil baru setelah mobil lamanya terjual lebih dulu. Jadi kami akan bantu jual (mobil lama mereka) dengan harga yang bersaing," ujar Samulo.

Sementara itu CEO Kalla Toyota Hariyadi Kaimuddin mengatakan pasar mobil, khususnya di wilayah Indonesia Timur, masih ada dari konsumen yang memiliki pendapatan tetap, bukan dari kalangan dunia usaha.

"Permintaan ada, cukup besar, yang terlihat dari jumlah SPK (surat pemesanan kendaraan), tapi realisasinya menjadi DO (delivery order) kecil," katanya.

Ia mencontohkan bila sebelumnya realisasi pembelian mobil mencapai 90% dari total SPK. Namun kini hanya tinggal 60%-70%. "Ini menunjukkan kebutuhan dan minatnya masih besar, tapi uangnya tidak ada," ujar Hariyadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia